Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampus Swasta Ini Jadi PTS Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2022

Kompas.com - 07/02/2022, 16:26 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Telkom University (Tel-U) dinobatkan menjadi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik pertama di Indonesia pada pemeringkatan Webometrics 2022.

Di Webometrics 2022, Tel-U menjadi satu-satunya PTS yang masuk 8 besar bersanding dengan universitas terbaik di Indonesia yang semuanya adalah Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Rektor Telkom University, Prof. Dr. Adiwijaya mengatakan bahwa capaian yang diraih Tel-U dari tahun ke tahun merupakan bentuk komitmen Tel-U dalam memberikan mutu pendidikan yang baik untuk bangsa ini, karena generasi emas yang menjadi visi bangsa ini dihasilkan dari perguruan tinggi berkualitas.

Baca juga: 10 Kampus Swasta Buka Beasiswa 2022, Bebas Uang Kuliah hingga 100 Persen

“Ini merupakan sebuah komitmen kami untuk terus membuat mutu pendidikan tinggi di Indonesia lebih baik, dan semoga dari capaian ini bisa memotivasi seluruh sivitas akademika dalam memberikan yang terbaik untuk kampus ini dan untuk bangsa Indonesia," ucap Prof. Adiwijaya seperti dilansir dari laman resmi Telkom University.

Dilansir dari laman resmi www.webometrics.info, Tel-U kembali berhasil menempati peringkat pertama untuk PTS di Indonesia, sebagai perguruan tinggi yang memiliki kuantitas dan kualitas konten website yang baik.

Sedangkan untuk keseluruhan, Tel-U menempati peringkat ke-8 di Indonesia serta peringkat ke 1410 dunia versi Webometrics.

Webometrics merupakan sebuah pemeringkatan institusi pendidikan tinggi terbesar di dunia yang memberikan penilaian terhadap seluruh universitas terbaik di dunia melalui website yang dinilai berdasarkan keterbukaan akses, jumlah peneliti atau dosen, dan jumlah publikasi yang mengutip informasi dari situs universitas tersebut dan diperbarui setiap enam bulan.

Baca juga: Uang Saku Di Atas Rp 10 Juta Per Bulan, Daftar 10 Beasiswa S1-S2 Ini

Berikut 20 PTN dan PTS terbaik Indonesia versi Webometrics 2022

1. Universitas Indonesia (UI)

Peringkat dunia: 649

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Peringkat dunia: 859

3. Universitas Brawijaya (UB)

Peringkat dunia: 956

4. IPB University

Peringkat dunia: 1.028

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com