Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nadiem Ajak Calon Mahasiswa Manfaatkan KIP Kuliah Merdeka dan Beasiswa

Kompas.com - 21/01/2022, 15:16 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Anwar Makarim menyapa sekaligus menyampaikan sejumlah pesan kepada calon mahasiswa baru yang akan mengikuti seleksi perguruan tinggi di tahun 2022.

Nadiem menyampaikan sejumlah pesan, mulai dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang bisa diikuti oleh mahasiswa hingga program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka yang menawarkan bantuan uang kuliah hingga biaya hidup yang lebih besar.

"Senang sekali saya bisa menyapa adik-adik calon mahasiswa di seluruh wilayah Indonesia dan saya yakin sudah semangat untuk merasakan seperti apa rasanya menjadi anak kuliah," papar Nadiem secara daring, Jumat (21/1/2022).

Baca juga: 10 Kampus Swasta Buka Beasiswa 2022, Bebas Uang Kuliah hingga 100 Persen

Ia berpesan agar calon mahasiswa perlu melakukan persiapan sebelum kuliah, termasuk mengikuti UTBK dan SBMPTN yang akan berlangsung di bulan Maret sampai April 2022.

"Saya yakin kalau adik-adik mempersiapkan diri dengan baik, pasti kalian bisa mengikuti seleksi dengan baik dan hasilnya sesuai dengan yang kalian harapkan," harapnya.

KIP Kuliah Merdeka 2022 dan Program Kampus Merdeka

Menurut Nadiem, kuliah merupakan waktu yang paling pas untuk mengembangkan potensi dan minat. Apalagi saat ini sudah ada program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang bisa diikuti oleh semua mahasiswa Indonesia.

"Jadi misalnya sekarang adik-adik diterima di jurusan ekonomi, tapi juga kalau mau belajar Sastra Indonesia, kalian bisa mengurus kuliah di lintas program studi. Lalu ada juga program belajar di luar kampus, menu programnya ada magang, ada studi independen, ada mengajar di SD dan SMP, sampai dengan pertukaran mahasiswa," terang dia menjelaskan sejumlah program Kampus Merdeka.

Baca juga: Cara Daftar KIP Kuliah SNMPTN dan SBMPTN bagi Calon Mahasiswa

"Para peserta kampus merdeka mendapatkan uang saku, mendapatkan jaminan transfer SKS, dan karena ini menurut saja tidak alasan untuk tidak ikut," imbuh dia.

Terkait dengan biaya kuliah, Nadiem menyampaikan bahwa kini peluang meraih pendidikan tinggi semakin terbuka lebar dengan beragam beasiswa.

Ia mengatakan, calon mahasiswa bisa memanfaatkan Kartu Indonesia Pintar atau KIP Kuliah Merdeka, yang berasan bantuan biaya hidup dan uang kuliahnya lebih besar lagi.

"Jadi bisa lebih banyak pilihan kampus dan prodi berkualitas yang bisa dipilih," terangnya.

Selain itu juga, lanjut dia, program Beasiswa Pendidikan Indonesia, seperi Beasiswa Unggulan dan Program LPDP untuk calon mahasiswa S1 dan D4 juga terbuka bagi calon mahasiswa yang berprestasi.

"Jadi sekarang banyak sekali kemudahan berkuliah dan mengembangkan bakat serta minat. Pesan saya, jangan lewatkan kesempatan ini. Persiapkan diri kalian sebaik mungkin. dan jika nanti adik-adik menemui kegagalan, jangan menyerah dan coba lagi. Karena tidak ada keberhasilan tanpa kemauan yang besar dan kerja keras. Saya yakin adik-adik pasti bisa, saya yakin kita bisa mewujudkan merdeka belajar kampus merdeka," ujarnya.

Baca juga: 7 Beasiswa Dalam Negeri Tawarkan Kuliah Gratis bagi Calon Mahasiswa

"Dengan KIP Kuliah Merdeka dan program beasiswa, saya yakin adik-adik bisa kuliah di kampus yang kalian cita-citakan. Dan tentunya ada banyak program Kampus Merdeka yang sudah menunggu kalian," papar dia memberi semangat kepada calon mahasiswa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com