Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

60 Calon Siap Bersaing Meraih Bangku Rektor UII

Kompas.com - 05/01/2022, 19:52 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 60 bakal calon rektor Universitas Islam Indonesia (UII) siap bersaing dan telah memenuhi syarat.

Saat ini Rektor UII dijabat oleh Prof. Fathul Wahid. Masa jabatannya akan habis di tahun ini.

Baca juga: UII Tambah 26 Doktor Baru

Wakil Ketua Panitia Pemilihan Rektor dan Wakil Rektor UII, Mahrus Ali mengatakan, persyaratan yang harus dipenuhi untuk menjadi calon rektor UII, antara lain dosen tetap UII, berusia setinggi-tingginya 60 tahun, serta memiliki gelar doktor dengan jabatan akademik serendah-rendahnya Lektor Kepala.

"Selain itu, para kandidat harus memiliki kinerja baik selama empat tahun terakhir. Tentunya kita juga akan melihat gagasan-gagasannya apa saja," kata dia melansir laman UII, Rabu (5/1/2022).

Di tahapan selanjutnya akan dilakukan penjaringan bakal calon rektor di tingkat fakultas pada tanggal 24 Januari 2022 mendatang, dengan memilih bakal calon yang telah ditetapkan oleh Panitia Pemilihan.

Dari nama-nama bakal calon rektor tersebut akan ditetapkan dua orang calon berdasarkan suara terbanyak, bagi fakultas yang bakal calon rektornya lebih dari 5 orang.

"Bagi fakultas yang memiliki jumlah bakal calon 5 orang atau kurang, akan ditetapkan 1 orang calon," jelas dia.

Tahapan berikutnya, yakni pemilihan calon rektor yang direncanakan akan berlangsung pada 31 Januari 2022.

Tahapan ini sebagaimana dijelaskan Mahrus, dilakukan untuk memilih calon rektor yang telah ditetapkan berdasarkan hasil penjaringan di masing-masing fakultas.

Baca juga: Kemendikbud Ristek Minta Siswa Pilih Jurusan di PTN Sesuai Minat

Untuk selanjutnya ditetapkan lima orang calon rektor yang akan diajukan ke Senat Universitas, agar dilakukan pemilihan oleh anggota Senat Universitas.

"Kelima calon Rektor terpilih berkewajiban menyampaikan action plan di hadapan Pengurus Yayasan, Anggota Senat Universitas, Dosen, Tenaga Kependidikan, dan perwakilan lembaga kemahasiswaan pada tanggal 24 Februari 2022," ucap Sekretaris Panitia Pemilihan Rektor dan Wakil Rektor UII, Katiya Nahda.

Dua tahapan berikutnya adalah pemilihan di tingkat Senat Universitas dan penentuan Rektor terpilih oleh Pengurus Yayasan Badan Wakaf UII.

Dari lima orang calon yang diajukan ke Senat Universitas, akan dipilih tiga orang calon rektor yang selanjutnya diajukan ke Pengurus Yayasan Badan Wakaf (PYBW) UII untuk ditentukan Rektor terpilih.

"Tahap ini merupakan tahapan akhir pemilihan Rektor UII," jelas Katiya.

Lanjut Katiya menyampaikan, angka partisipasi pemilih dalam pemilihan rektor di tahun ini ditargetkan meningkat, dari 72 persen tahun 2018 ke angka 85 persen atau lebih.

Untuk itu, panitia sengaja mengemas slogan “SuaraCintaUII” yang khusus ditujukan kepada para pemilih rektor UII.

Baca juga: 5 Orang Jadi Calon Rektor Unsoed

Di mana pesan utama yang ingin disampaikan adalah penggunaan hak suara pada tanggal 24 dan 31 Januari 2022, menjadi simbol pembuktian cinta kita pada UII.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com