Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erupsi Gunung Berapi Ciptakan Tanah Subur, Ini Penjelasan Pakar Unpad

Kompas.com - 14/12/2021, 16:20 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Indonesia memiliki banyak gunung berapi dari Sabang sampai Merauke. Bahkan ratusan tahun silam, letusan salah satu gunung api di Indonesia Krakatau menjadi letusan terbesar di dunia dan memakan banyak korban jiwa.

Di balik bahaya erupsi gunung berapi, ada berkah yang akan menjadi sumber penghidupan masyarakat di masa datang. Menurut Guru Besar Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran (Unpad) Prof. Mahfud Arifin, endapan material erupsi gunung api dalam jangka waktu tertentu akan mengalami pelapukan.

Pelapukan itu akan menghasilkan tanah subur yang dapat dimanfaatkan sebagai lahan pertanian.

"Mineral yang terkandung dalam letusan gunung api akan melapuk dan mengeluarkan berbagai nutrisi yang subur bagi kebutuhan tanaman," kata Prof. Mahfud seperti dikutip dari laman Unpad, Selasa (14/12/2021).

Baca juga: Sejak Kapan Rempah Dipakai Rakyat Indonesia? Ini Penjelasan Pakar IPB

Erupsi gunung api ciptakan tanah subur

Proses ini dipelajari Prof. Mahfud dari fenomena erupsi Krakatau tahun 1883 lampau. Pada 1983 atau 100 tahun pasca-erupsi Krakatau terjadi, dia dan tim ahli tanah di Unpad melakukan studi mengenai struktur tanah di kawasan yang tertimbun material erupsi.

Hasilnya, erupsi Krakatau tersebut membentuk tanah subur setebal 25 sentimeter. Salah satu ciri dari tanah subur tersebut adalah berwarna hitam.

"Warna hitam menandakan bahwa tanah mengandung nutrisi yang dilepaskan dari hasil pelapukan mineral primer. Nutrisi berupa kalsium, magnesium, natrium, hingga kalium merupakan mineral yang sangat dibutuhkan tanaman," ungkap Mahfud.

Dari hasil studi tersebut, lanjut Mahfud, diperoleh kesimpulan untuk menjadikan kawasan bekas endapan material erupsi gunung api subur memerlukan evolusi yang cukup lama.

Pembentukan tanah subur butuh waktu 100 tahun

Pembentukan tanah hitam yang subur di kawasan erupsi Krakatau setebal 25 sentimeter memerlukan waktu pelapukan hingga 100 tahun.

"Diperkirakan dalam waktu 100 tahun, daerah erupsi Gunung Semeru kemudian bisa menjadi daerah yang sangat subur, dengan tanah hitam yang tebal dan subur untuk tanaman pertanian," papar Prof. Mahfud.

Baca juga: Ini Hasil Riset Ilmuwan Berpengaruh Dunia dari Telkom University

Namun demikian, dalam jangka waktu yang pendek, endapan material erupsi gunung api juga bisa menjadi berkah. Endapan material tersebut kerap ditambang menjadi bahan bangunan.

Tidak heran jika gunung api secara sosiokultural sangat lekat dengan aktivitas manusia. Wilayah lereng gunung api sering padat dengan permukiman penduduk.

"Walaupun sering meletus, masyarakat selalu merapat karena tanahnya subur untuk pengembangan pertanian," imbuhnya.

Gunung api di Indonesia punya karakteristik

Dia mengungkapkan, ada fenomena menarik dari jajaran gunung api di Indonesia. Gugusan gunung api yang membujur dari Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara hingga Sulawesi dan Maluku memiliki karakteristik masing-masing.

Baca juga: SNMPTN 2022, LTMPT: Pengisian PDSS Harus Bisa Dipertanggungjawabkan

Selain dapur magma yang berbeda, bahan baku dari material vulkaniknya pun berbeda. Prof. Mahfud menjelaskan, makin ke timur, bahan baku material vulkanik makin kaya unsur nutrisinya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com