Kompas.com - 13/12/2021, 15:32 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Indonesia dikenal kaya akan rempah-rempahnya. Hal ini bahkan menjadi salah satu alasan zaman dulu negara asing datang menjajah Nusantara selama ratusan tahun.

Jenis rempah di Indonesia pun ada banyak. Seperti Lada, Cengkeh, Kayu manis, Vanili, Kapulaga, Andaliman, Pala, Jahe, Kunyit dan masih banyak yang lainnya.

Keberadaan rempah ini pula yang membuat citarasa kuliner asli Indonesia sangat beragam dan memiliki ciri khas.

Ternyata rempah-rempah tidak hanya sekedar untuk bumbu masak saja lho. Rempah-rempah juga memiliki banyak manfaat lainnya seperti untuk bahan jamu atau bahan kosmetik.

Baca juga: Ini Hasil Riset Ilmuwan Berpengaruh Dunia dari Telkom University

Rempah-rempah sangat akrab dengan masyarakat Indonesia. Tapi tahukah kamu sejak kapan sebenarnya rempah digunakan rakyat Indonesia?

Rempah sudah sampai Timur Tengah sejak sebelum masehi

Menurut Guru Besar Departemen Agronomi dan Hortikultura Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Sandra Arifin Aziz, kalau dari data tertulis, keberadaan rempah-rempah memang baru ada pada relief Candi Borobudur.

Prof. Sandra mengatakan, berdasarkan data dari negara lain, rempah yang dimiliki Indonesia sampai Timur Tengah pada 2000 tahun sebelum masehi. Bahkan di China tercatat lebih dari 300 tahun sebelum masehi.

"Jadi sebenarnya rakyat Indonesia sudah lama memakai rempah-rempah tapi belum tercatat di dalam sejarah bangsa Indonesia," kata Prof. Sandra seperti dikutip dari kanal YouTube IPB TV, Senin (13/12/2021).

Baca juga: LTMPT Tegaskan Peserta Lolos SNMPTN 2022, Tak Boleh Daftar UTBK SBMPTN

Meski sudah lama ada di Indonesia, populasi rempah-rempah di Indonesia tentu mengalami perubahan. 

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.