Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembukaan KOPSI 2021, BRIN Ajak Siswa Kembangkan Ide Solutif untuk Bangsa

Kompas.com - 16/11/2021, 14:25 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Pusat Prestasi Siswa Nasional (Puspresnas) Kemendikbud Ristek secara resmi membuka Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia atau Kopsi 2021 tingkat SMA dan sederajat, yang akan berlangsung pada 16-20 November 2021.

Sebanyak 175 naskah terbaik dari 2.377 proposal yang diajukan oleh siswa Indonesia akan berkompetisi pada Kopsi 2021 dengan diikuti oleh 372 siswa finalis dari 98 SMA, 26 MA, serta satu Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) di Jeddah, Arab Saudi.

Terdapat tiga bidang ilmu yang dilombakan pada KoPSI 2021 yaitu Matematika, Sains, dan Teknologi (MST), Fisika Terapan dan Rekayasa (FTR), serta Ilmu Sosial dan Humaniora (ISH).

Dalam pembukaan acara, Plt. Deputi Bidang Sumber Daya Manusia dan Ilmu Pengetahuan Teknologi, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Edy Giri Rachman Putra mengungkapkan, melalui KoPSI peserta sesungguhnya tidak hanya diajak adu kompetisi bidang riset dan inovasi, tetapi diajak memiliki pola pikir peneliti dalam memecahkan masalah.

“Terbiasa meneliti bukan hanya melahirkan karya-karya yang inovatif namun juga akan membangun cara berpikir kita untuk lebih analitis, kritis, jujur, dan terbuka,” jelas Edy Giri.

Oleh sebab itu, lanjut Edy Giri, peneliti harus selalu menanyakan bukti atau fakta yang dapat mendukung suatu pernyataan dan harus selalu menganalisis setiap pernyataan atau persoalan yang dihadapi.

“la tidak boleh percaya begitu saja pada suatu hal tanpa adanya penjelasan atau bukti-bukti yang masuk akal,” ucap Edy Giri.

“Peneliti harus selalu mendasarkan pikiran dan pendapatnya pada logika serta menimbang berbagai hal secara objektif berdasarkan data dan analisis akal sehat, peneliti tidak memasukkan keinginannya sendiri ke dalam data, dan peneliti harus bersedia memberikan bukti penelitian dan siap menerima pendapat pihak lain tentang hasil penelitiannya,” tambahnya.

Baca juga: Hari Pahlawan, KSN 2021 Ajak Siswa Jadi Pahlawan Sains Zaman Now

Hasilkan ide solutif untuk bangsa

Kepada para peserta KoPSI, Edy Giri mengajak untuk bersama-sama membangun bangsa Indonesia melalui pengembangan riset dan inovasi.

“Mari bersama-sama membantu pemerintah, Kemendikbudristek, BRIN untuk terus mengembangkan ide-ide yang solutif, karya-karya yang brillian yang ke depannya akan menjadikan bangsa ini menjadi bangsa yang diperhitungkan dunia,” ajak Edy Giri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com