Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harganas 2021, Orangtua Miliki Peran Penting Dampingi Anak Ikuti PJJ

Kompas.com - 29/06/2021, 18:45 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tahukah kamu tiap tanggal 29 Juni diperingati sebagai Hari Keluarga Nasional? Hari Keluarga Nasional (Harganas) ditetapkan sejak tanggal 15 September 2014 melalui Keputusan Presiden RI Nomor 39 tahun 2014.

Harganas dimaksudkan untuk mengingatkan kepada seluruh masyarakat Indonesia akan pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan negara.

Keluarga diharapkan menjadi sumber yang selalu menghidupkan, memelihara, memantapkan serta mengarahkan kekuatan sebagai perisai dalam menghadapi persoalan yang terjadi.

Terlebih di masa pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini. Semua orang mengalami masa-masa sulit termasuk anak-anak.

Baca juga: Dosen Unair: Penyekatan Suramadu Picu Kekecewaan Warga Karena Hal Ini

Melansir laman Direktorat SMP Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), selama pandemi Covid-19, anak-anak harus menjalani pembelajaran jarak jauh (PJJ). Selama mengikuti PJJ ini, orangtua berperan besar memberi dukungan dan mendampingi mereka.

Berikut panduan bagi orangtua dalam mendampingi anak belajar dari rumah:

1. Membuat jadwal

Saat orangtua dan anak sama-sama harus beraktivitas dari rumah, tentu tidak mudah untuk membagi waktu.

Orangtua perlu membuat jadwal dan aturan. Ingatkan anak tentang aturan dan jadwal yang dibuat merupakan tanggung jawab setiap anak dan tanggung jawab bersama.

Beri kesempatan pada anak untuk membuat jadwal mereka sendiri. Dengan begitu, anak akan merasa lebih bertanggung jawab terhadap semua rencana kegiatan yang akan dilaksanakan pada hari berjalan

2. Ide kegiatan

Bantu anak membuat ide kegiatan bagi anak. Berikan ide dengan menyebutkan beberapa hal yang bisa dilakukan selain mengerjakan tugas dari sekolah.

Misalnya mengerjakan kegiatan rutin harian seperti mandi pagi, sarapan, dan berdoa, atau kegiatan belajar seperti mengingatkan anak mengerjakan pekerjaan rumah dari sekolah.

Kegiatan fisik juga bisa menjadi kegiatan positif yang dapat dilakukan agar tubuh tetap aktif bergerak. Atau kegiatan lain seperti membaca buku, bermain musik, menulis jurnal harian, dan bermain game agar anak tidak merasa stress menjalani PJJ.

3. Komunikasi positif

Bagi orangtua, penting untuk bertanya kepada anak. Sehingga membangun hubungan positif dengan anak.

Bantulah anak memahami apa yang harus dikerjakan dengan membaca kembali tugas dari sekolah. Jika masih mengalami kesulitan, orangtua atau anak bisa menghubungi kembali guru melalui telepon, SMS, atau WhatsApp untuk meminta penjelasan tugas yang dimaksud.

4. Ingatkan waktu

Ingatkanlah jadwal kegiatan yang akan, sedang, dan telah dilakukan anak. Mengingatkan kegiatan yang sudah direncanakan bisa membantu mereka mencapai target.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com