Kompas.com - 29/06/2021, 15:57 WIB
Petugas PPDB SMAN 3 Yogyakarta memantau perkembangan di ruang laboratorium komputer, Selasa (29/6/2021). DOK.SMAN 3 YogyakartaPetugas PPDB SMAN 3 Yogyakarta memantau perkembangan di ruang laboratorium komputer, Selasa (29/6/2021).
|

KOMPAS.com - Pada hari kedua pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021 jenjang SMA di DIY, Selasa (29/6/2021), beberapa sekolah telah penuh kuotanya.

Karena sudah penuh, calon siswa dengan nilai rendah akan langsung terlempar ke sekolah pilihan kedua atau ketiga.

Seperti diungkapkan salah satu calon siswa yang berdomisili Kota Yogyakarta, Alexa Dita Nataneila. Menurut dia, jika ikut zonasi 1 maka dia tak masuk di sekolah tersebut.

Baca juga: PPDB SMA Jogja 2021 Dibuka, Orangtua ke Sekolah Tetap Dilayani

Ini karena nilainya tidak mencukupi. Apalagi pilihan zonasi 1 dia berada di sekolah favorit Yogyakarta, yakni SMAN 3 Yogya, SMAN 8 Yogya, dan SMAN 9 Yogyakarta.

"Sesuai KTP orangtua maka zonasi saya ada di sekolah favorit itu. Karena nilai kurang mencukupi, ya saya daftar ke SMK saja," tuturnya kepada Kompas.com, Selasa (29/6/2021).

Nilai kurang, otomatis terlempar

Sama halnya dialami calon siswa yang berdomisili di Kecamatan Berbah Sleman, Riskalina Mardiana Da Silva.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam zonasi 1 pilihan sekolahnya ialah SMAN 5 Yogya, SMAN 1 Banguntapan Bantul dan SMAN 1 Piyungan Bantul.

Karena nilainya juga tidak mencukupi di pilihan 1 yakni SMAN 5 Yogya, maka dia terlempar hingga ke pilihan ketiga yakni di SMAN 1 Piyungan.

"Jika di SMAN 1 Piyungan saya ada di posisi 4 untuk jurusan IPA. Maka bisa dipastikan saya akan diterima di sekolah ini," ucapnya.

Senada, Anisa Misbatul Aini yang juga orangtuanya ber-KTP Berbah Sleman, dia juga memiliki zonasi sama dengan temannya Riskalina.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.