Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/12/2020, 10:59 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Pendaftaran Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN 2021 akan segera dimulai Januari 2021.

Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Mohamad Nasih mengatakan, LTMPT akan meluncurkan Sistem Penerimaan Mahasiswa baru pada 4 Januari 2021, dimulai dengan membuat Akun LTMPT sebagai syarat pertama mengikuti SNMPTN, UTBK dan SBMPTN 2021.

"Jangan sampai adik-adik kalah sebelum bertarung, pembuatan akun LTMPT, persyaratan, harus diperhatikan," ujar Nasih dalam konferensi daring "Sosialisasi SNMPTN-UTBK-SBMPTN 2021", Rabu (16/12/2020).

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah IPA Sepi Peminat, tetapi Berprospek Cerah

Selain membuat akun, Ketua Pelaksana LTMPT Budi Prasetyo mengingatkan calon mahasiswa untuk memikirkan dengan matang program studi apa yang akan dipilih pada SNMPTN maupun SBMPTN 2021.

Ketentuan memilih prodi di SNMPTN 2021

Pada SNMPTN 2021, lanjut Budi, ada sejumlah ketentuan yang perlu diperhatikan oleh calon mahasiswa.

Ketentuan pertama, setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu PTN atau dua PTN.

Jika memilih dua program studi, maka salah satunya harus prodi di 1 PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya. Jika memilih satu program studi, dapat memilih PTN yang berada di provinsi manapun.

Baca juga: Jadwal dan Syarat Pendaftaran SNMPTN, UTBK, SBMPTN 2021

"Khusus SNMPTN, adik-adik punya kewajiban memilih perguruan tinggi di mana SMA adik-adik berada. Jadi adik-adik jalur SNMPTN diizinkan memilih 2 program studi. Kalau memilih 1 program studi boleh di PTN mana pun. Kalau memilih 2 program studi, salah satu PTN harus di daerah SMA sekolah berada," terang Budi.

Budi menyarankan calon mahasiswa yang nantinya akan mengikuti SNMPTN 2021, agar memilih prodi yang benar-benar disenangi.

"Kalau senangnya satu ya satu saja, kalau dua senang, ya pilih dua, jangan sampai bila sudah diterima tidak dipakai," jelas Budi.

Pasalnya, bila calon mahasiswa telah diterima di SNMPTN 2021 maka sudah pasti tidak akan bisa mengikuti UTBK-SBMPTN 2021. Sehingga, memilih jurusan atau PTN pada saat SNMPTN perlu dipertimbangkan dengan baik.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah Terfavorit Incaran Pelajar SMA

"Kalau misalkan diterima di pilihan kedua (SNMPTN) dan ternyata tidak senang, itu sudah tertutup tidak bisa ikut UTBK SBMPTN. Tidak punya nilai UTBK, banyak perguruan tinggi di jalur mandiri mensyaratkan nilai UTBK," jelasnya.

Sehingga, LTMPT menyarankan calon mahasiswa yang akan mengikuti SNMPTN untuk memilih program studi dan PTN yang benar-benar disenangi.

Ketentuan memilih prodi di SBMPTN 2021

Berbeda dengan SNMPTN, pada SBMPTN 2021 calon mahasiswa bebas untuk memilih prodi dan PTN.

Baca juga: Kampus Swasta Ini Raih Predikat 4 Star di Pemeringkatan Dunia

Setiap siswa, tulis LTMPT, diperbolehkan memilih dua program studi pada satu PTN atau masing-masing satu prodi pada dua PTN.

"Kalau SBMPTN ini bebas. Kalau adik-adik SMA-nya di Makassar, boleh memilih Unair atau UGM atau yang lain, dua PTN di luar daerah tidak masalah," terang budi.

Informasi resmi terkait UTBK SNMPTN dan SBMPTN 2021 dapat diakses melalui laman LTMPT.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com