Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitigasi Covid-19, 230 Tenaga Kependidikan Unpad Lakukan Tes Swab

Kompas.com - 14/10/2020, 21:15 WIB
Dian Ihsan,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebanyak 230 tenaga kependidikan dan pimpinan di lingkungan Universitas Padjadjaran (Unpad) menjalani tes swab. Upaya ini dijalankan demi memitigasi penyebaran Covid-19 di lingkungan kampus.

Direktur Sumber Daya Manusia Unpad Aulia Iskandarsyah mengatakan, pelaksanaan tes swab digelar di Lapangan Basket Bale Santika Unpad, Jatinangor, Selasa (13/10/2020). Langkah ini memiliki harapan, agar bisa menghalau Covid-19 semaksimal mungkin.

Baca juga: Sri Sultan Coba Alat Diagnosis Covid-19 Buatan UGM

"Ini juga merupakan komitmen Unpad untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan Covid-10," ucap Aulia dalam keterangan resminya, melansir laman Unpad.

Aulia mengatakan, pelaksanaan tes swab dilakukan oleh Satgas Covid-19 Unpad. Nantinya, seluruh sampel akan dilakukan pengujian PCR di Lab Sentral kampus Unpad.

"Kita usahakan maksimal hasil tes bisa diperoleh selama 2 hari," ujar Aulia.

Menurut dia, tenaga pendidik yang mengikuti tes dipilih dengan menggunakan metode stratified random sampling dari seluruh unit kerja di lingkungan Unpad. Dengan demikian, peserta merupakan representasi dari setiap unit kerja yang diambil berdasarkan proporsinya.

Lanjut Aulia menerangkan, proposi dilakukan berdasarkan jumlah tendik yang terdaftar di unit kerja. Unit kerja dengan jumlah tendik yang besar makan akan mendapat proporsi peserta yang besar juga.

"Kita (Direktorat SDM) sudah mengajukan seluruh tendik beserta Sekretaris Direktorat, Kepala Kantor, dan Kepala Pusat. Tetapi Satgas menggunakan stratified random sampling sehingga jumlahnya sekitar 10% dari jumlah tendik Unpad," ungkap dia.

Kampus terus lakukan tes swab

Aulia menekankan, kampus ini akan terus melakukan tes swab kepada seluruh pegawainya secara berkala. Diharapkan, tes ini bisa terus meningkatkan kesadaran pegawai Unpad untuk menerapkan protokol kesehatan di lingkungan kerja.

"Unpad terus berkomitmen menjaga protokol kesehatan meskipun sudah menjalani aktivitas tataran new normal," tegas Aulia.

Baca juga: Co-Saber Milik ITS, Redam Penyebaran Covid-19 di Industri Kecil-Menengah

Aulia juga mendorong setiap warga Unpad untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, yaitu dengan menggunakan masker, rajin mencuci tangan, serta menjaga jarak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com