KILAS

Wisudawan UPI Gelombang III 2020 Diminta Berkontribusi pada Pendidikan Bangsa

Kompas.com - 13/10/2020, 20:00 WIB
Upacara Wisuda UPI Gelombang III 2020, yang dilakukan secara dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring), dari Gedung Ahmad Sanusi, Selasa (13/10/2020). DOK. UPIUpacara Wisuda UPI Gelombang III 2020, yang dilakukan secara dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring), dari Gedung Ahmad Sanusi, Selasa (13/10/2020).

KOMPAS.com – Rektor Universitas Pendidikan Indonesia ( UPI) M. Solehuddin, meminta wisudawan UPI Gelombang III 2020 menjaga nama baik almamater serta menjadi penyebar, pencari, dan pengamal ilmu agar dapat berkontribusi pada kemajuan pendidikan serta pembangunan bangsa.

“Persoalan guru tidaklah sederhana, melainkan saling terkait antarsatu sistem dengan sistem lainnya dan bergerak secara sistemik,” kata Solehuddin, seperti dalam keterangan tertulisnya.

Hal tersebut dikatakan Solehuddin, saat memberi sambutan dalam Upacara Wisuda UPI Gelombang III 2020, yang dilakukan secara dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring), dari Gedung Ahmad Sanusi, Selasa (13/10/2020).

Lebih lanjut, Solehuddin menjelaskan, dalam sistem pembinaan guru yang profesional, semua komponen sistem harus berkontribusi sesuai fungsi masing-masing.

Jadi, tidak ada institusi yang dapat dipersalahkan atau merasa paling berjasa dalam mencapai pendidikan bermutu.

Baca juga: Sumbang Pemikiran untuk Pembangunan Pendidikan Indonesia, UPI Kukuhkan 8 Guru Besar

Dalam sistem tata kelola guru nasional, lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK) sendiri bertanggung jawab menyelenggarakan pendidikan prajabatan untuk menghasilkan guru pemula.

Hal tersebut berguna untuk memasok jumlah guru pemula sesuai kebutuhan serta kompetensi yang berlaku.

Tak lupa, pada kesempatan tersebut, Solehuddin mengucapkan selamat kepada 4.273 wisudawan yang terdiri dari 228 orang lulusan diploma (D-3), 3.587 orang lulusan sarajana (S-1), 367 orang lulusan magister (S-2), dan 91 orang lulusan doktor (S-3).

“Semoga wisudawan mendapat limpahan rahmat dan karunia-Nya. Rasa syukur dan kebahagiaan harus tetap hadir dalam diri kita dan keluarga walaupun kondisi wisuda saat ini berbeda. Seraya kita berdoa semoga pandemi Covid-19 ini segera hilang,” kata Solehuddin.

Baca juga: Dukung Kebijakan Pelayanan Publik Pemerintah, UPI Diapresiasi Kemendikbud

Kemudian, Solehuddin juga memberi penghargaan kepada lulusan terbaik masing-masing jenjang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X