Pandemi Covid-19, PNL Latih Masyarakat Buat Hand Sanitizer dan Pewangi

Kompas.com - 13/10/2020, 23:21 WIB
Dosen PNL berikan pelatihan pembuatan hand sanitizer dan pewangi kepada ibu-ibu dan UKM di Kecamatan Muara Dua, Lhokseumawe. DOK. Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL)Dosen PNL berikan pelatihan pembuatan hand sanitizer dan pewangi kepada ibu-ibu dan UKM di Kecamatan Muara Dua, Lhokseumawe.

KOMPAS.com - Politeknik Negeri Lhokseumawe ( PNL) mengadakan program pelatihan pembuatan hand sanitizer berbasis esensial oil dan chitosan di Desa Blang Ruma, Muara Dua, Lhokseumawe. Program pelatihan berlangsung pada Rabu, 7 Oktober 2020.

Dosen Jurusan Teknik Kimia PNL, Teuku Rihayat mengatakan, pelatihan ini dijalankan oleh beberapa dosen yang ada dilingkungan PNL. Setidaknya lebih dari 9 orang peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan ini.

Baca juga: Politeknik Negeri Lhokseumawe dan Politeknik Aceh Perkuat Kerja Sama

"Dari PNL juga melakukan moniroting dan evaluasi (monev) langsung terkait pelatihan pembuatan hand sanitizer," kata dia dalam keterangan resminya, melansir laman pnl.ac.id, Selasa (13/10/2020).

Dia menjelaskan, tujuan diadakannya pelatihan ini untuk membantu ibu-ibu dan para Usaha Kecil dan Menengah ( UKM) yang ada di Desa Blang Crum, agar memiliki bekal dalam pembuatan serta pengembangan hand sanitizer di masa pandemi Covid-19.l

"Nantinya ibu-ibu dan UKM di desa ini juga bisa memasarkannya, sehingga memperoleh pendapatan," ungkap dia.

Selain melatih pembuatan hand sanitizer, dosen PNL juga memberikan pelatihan pembuatan pewangi pakaian bagi UKM Cendana Aceh dan ibu-ibu di Desa Gampong Meunasah Mee, Muara Dua, Lhokseumawe. Pelatihan yang dilakukan selama lebih kurang 36 hari.

Kegiatan membuat pewangi ini diketuai oleh Zaimahwati. Dia juga merupakan Dosen dari Jurusan Teknik Kimia PNL.

Zaimahwati menyatakan, tujuan diadakannya pelatihan agar bisa membantu ibu-ibu dan pelaku UKM di masa pandemi Covid-19. Sehingga, semua kalangan yang ada di Desa Gampong Meunasah Mee bisa memasarkan pewangi dari hasil pelatihan tersebut.

Baca juga: Politeknik Negeri Lampung Kembangkan Komoditas Edamame

" Pewangi pakaian yang nantinya para ibu-ibu dan UKM yang ada didaerah tersebut bisa dipasarkan, akhirnya mereka bisa memperoleh pendapatan," pungkas dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X