Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pekan Raya Nasional Mahasiswa, Akses Daring untuk Ilmu dan Inspirasi

Kompas.com - 23/09/2020, 13:50 WIB
Elisabeth Diandra Sandi,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Untuk memberikan akses informasi kepada seluruh mahasiswa di Indonesia selama pandemi Covid-19, ID Next Leader menggelar Pekan Raya Nasional Mahasiswa 2020.

“Sehingga melalui webinar yang berlangsung mulai 13 hingga 20 September 2020 ini bisa memberikan akses kepada seluruh mahasiswa dan mahasiswi di Indonesia agar mendapat ilmu serta inspirasi dari para tokoh nasional, menyamakan pemahaman akan kebangsaan dan sebagai ajang berjejaring secara virtual,” kata Presiden Direktur ID Next Leader Ferro Ferizka.

Ferro juga ingin acara ini memicu semangat belajar mahasiswa Indonesia pada situasi pandemi yang mengharuskan melaksanakan pembelajaran jarak jauh.

Baca juga: Ini Keuntungan Ikut Kuliah Online bagi Mahasiswa

Tahun ini, ID Next Leader mengangkat tema "Menata Ulang Keberlanjutan" sebagai acuan pembahasan dalam webinar. Misalnya seperti pembahasan aksi lompati resesi, toleransi beragama, mimpi Indonesia di 2030, menjadi orang yang kreatif, dan lain-lain.

Selain itu, webinar Pekan Raya Nasional Mahasiswa 2020 memberikan kesempatan kepada mahasiswa melakukan bimbingan karier dan beasiswa. Pasalnya, ID Next Leader akan mendatangkan penerima beasiswa terbaik untuk memaparkannya secara langsung.

Selama 8 hari, ID Next Leader juga mendatangkan narasumber dari pelaku bisnis kreatif, politikus, aktivis lingkungan, aktivis kemanusiaan, jurnalis, akademisi, influencer, dan banyak lagi profesi lainnya.

Tak lupa, ID Next Leader turut menjadi wadah untuk mahasiswa menyuarakan pendapatnya. Seruan mahasiswa diwakilkan oleh presiden mahasiswa atau ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Mahasiswa dan industri 4.0

Dalam masa revolusi industri 4.0, internet sudah menjadi segalanya (internet of things). Terlebih dalam masa pandemi COVID-19, peran internet sampai masuk ke dalam kegiatan pembelajaran dari rumah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com