Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dosen Unair Bagikan 4 Tips Bisnis Kuliner Ramadhan di Tengah Corona

Kompas.com - 27/04/2020, 10:22 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Setiap bulan Ramadhan, banyak bermunculan bisnis kuliner dadakan. Bisnis musiman ini sudah menjadi hal yang wajar karena orang selalu butuh makanan dan minuman.

Hanya saja, bagaimana bisnis musiman ini dijalankan di tengah pandemik virus corona atau Covid-19? Apakah bisa berjalan dengan baik? Atau justru tidak laku?

Jangan khawatir, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (FEB Unair) Dr. Tri Siwi Agustina, SE, M.Si membagikan tips atau strategi usaha kuliner pada Bulan Ramadhan meskipun di tengah pandemik Covid-19.

Baca juga: Tips Menjaga Imun Tubuh dari Akademisi UGM

Akademisi Unair ini menjelaskan ada 4 tips yang bisa dilakukan produsen atau penjual. Ini tips bisnis kuliner di Bulan Ramadhan:

1. Fokus yang paling dicari

Ketika bulan suci Ramadhan ini, produk kuliner yang dicari konsumen adalah gorengan, kue, makanan siap saji, aneka minuman segar, hingga frozen food.

Namun, pada saat pandemik Covid-19 seperti sekarang ini, jenis minuman yang dicari pasti akan bertambah. Terutama minuman berbahan dasar buah atau rempah yang dipercaya meningkatkan imunitas tubuh.

"Minuman seperti wedang jahe kunyit lemon, wedang uwuh, atau wedang sarabba pasti akan sangat dicari," kata Siwi seperti dikutip dari laman resmi Unair, Minggu (26/4/2020).

2. Pelajari perilaku konsumen

Walaupun sedang ada wabah virus corona, tetapi sifat konsumerisme masyarakat tetap tinggi. Hanya saja ada beberapa hal yang berbeda.

Konsumen lebih mengurangi intensitas keluar rumah, sehingga beralih ke pembelian dalam jaringan (daring) atau online.

Maka, produsen kuliner harus memaksimalkan ponsel pintar untuk aktivitas penjualan. Selain itu, konsumen pada kondisi pandemik mengutamakan kuliner yang menyediakan jasa layan antar atau bawa pulang (take away).

Tak kalah penting ialah, masyarakat dapat mengetahui produk yang higienis. Untuk menjamin kebersihan produk, produsen bisa memberi informasi yang menyatakan suhu tubuh pembuat produk tersebut.

Selain itu, media sosial juga dapat dipakai untuk menjelaskan kebersihan proses produksi hingga pengantaran.

"Pastikan stok tersedia dan perhitungkan waktu pemrosesan dengan waktu pengantaran ke konsumen. Jangan sampai konsumen kecewa karena mendapatkan produk kulinernya melewati waktu berbuka puasa atau melewati jam makan sahur," jelasnya.

Jika konsumen memilih datang ke lokasi penjualan, sediakan produk kuliner dalam bentuk kemasan minimal dua jam sebelum waktu berbuka puasa.

"Pikirkan juga cara pembayaran yang efektif, sehingga konsumen benar-benar hanya datang, mendapatkan produknya, membayar dan langsung pergi," imbuh Siwi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com