Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok UN 2020 SMK/MAK Mapel Bahasa Inggris, Ini Kisi-kisinya

Kompas.com - 17/03/2020, 12:18 WIB
Albertus Adit

Penulis


KOMPAS.com - Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2020 jenjang SMK/MAK telah dimulai sejak Senin (16/3/2020). Untuk hari ketiga, Rabu (18/3/2020) besok ialah UN mata pelajaran Bahasa Inggris.

Bagi siswa kelas XII SMK/MAK, maka harus belajar dengan rajin. Harapannya, hasil UN 2020 bisa sesuai harapan atau bisa sukses.

Berikut ini disampaikan kisi-kisi UN SMK/MAK dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) untuk mapel Bahasa Inggris.

Baca juga: Kisi-kisi UN 2020 SMK/MAK: Bahasa Indonesia dan Inggris

1. Level kognitif

Pada level kognitif pengetahuan dan pemahaman, siswa harus bisa mengidentifikasi.

Lingkup materi

a. Fungsi sosial, siswa dapat mengidentifikasi aspek-aspek fungsi sosial, seperti: topik/isu/masalah, tujuan/fungsi/pesan, latar belakang/alasan, akibat/dampak/manfaat, sikap/nilai yang diusung, peran dan fungsi pembicara/penulis, peran dan fungsi pendengar/pembaca, dan konteks penggunaan.

b. Struktur teks, siswa dapat mengidentifikasi keterkaitan makna antar bagian-bagian dalam teks, seperti: pandangan, maksud, pendapat yang menjadi ide utama, rincian argumentasi, langkah-langkah, peristiwa, deskripsi, dan alur pikiran.

c. Unsur kebahasaan, siswa dapat mengidentifikasi unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks lisan dan tertulis berikut ini: persamaan kata, makna frasa, makna idiom, word order, article, demonstrative, possessive pronoun, agreement dan number, tenses passive voice, referensi gramatika, kata sambung, preposisi, dan referensi makna.

2. Level aplikasi

Pada level kognitif aplikasi, siswa harus membandingkan, mengklasifikasi, dan menjelaskan.

Lingkup materi

a. Fungsi sosial, siswa dapat membandingkan, mengklasifikasi, dan menjelaskan aspek-aspek fungsi sosial. Seperti: topik/isu/masalah, tujuan/fungsi/pesan, latar belakang/alasan, akibat/dampak/manfaat, sikap/nilai yang diusung, peran dan fungsi pembicara/penulis, peran dan fungsi pendengar/pembaca, konteks penggunaan.

b. Struktur teks, siswa didik dapat membandingkan, mengklasifikasi, dan menjelaskan keterkaitan makna antar bagian-bagian dalam teks: pandangan, maksud, pendapat yang menjadi ide utama, rincian argumentasi, langkah-langkah, peristiwa, deskripsi, plot, alur pikiran.

c. Unsur kebahasaan, siswa dapat membandingkan, mengklasifikasi, dan menjelaskan unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks lisan dan tertulis berikut ini: persamaan kata, makna frasa, makna idiom, word order, article, demonstrative, possessive pronoun, agreement dan number, tenses, passive voice, referensi gramatika, kata sambung, preposisi, modal, kalimat conditional, konstruksi derivative, referensi makna.

3. Level penalaran

Pada level kognitif penalaran, siswa menyimpulkan, merinci perbedaan/persamaan dan menganalisis.

Lingkup materi

a. Fungsi sosial, siswa dapat menyimpulkan, merinci perbedaan/persamaan, menganalisis aspek-aspek fungsi sosial: topik/isu/masalah, tujuan/fungsi/pesan, latar belakang/alasan, akibat/dampak/manfaat, sikap/nilai yang diusung, peran dan fungsi pembicara/penulis, peran dan fungsi pendengar/pembaca, konteks penggunaan.

Baca juga: Ini Kisi-kisi UN 2020 SMK/MAK Mapel Matematika Akuntansi

b. Struktur teks, siswa dapat menyimpulkan, merinci perbedaan/persamaan menganalisis keterkaitan makna antar bagian-bagian dalam teks: pandangan, maksud, pendapat yang menjadi ide utama, rincian argumentasi, langkah-langkah, peristiwa, deskripsi, plot, alur pikiran.

c. Unsur kebahasaan, siswa dapat menyimpulkan, merinci perbedaan/persamaan, menganalisis unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks lisan dan tertulis berikut ini: persamaan kata, makna frasa, makna idiom, word order, article, demonstrative, possessive pronoun, agreement dan number, tenses, passive voice, referensi gramatika, kata sambung, preposisi, modal, kalimat conditional, konstruksi derivative, kalimat, frasa, ungkapan simpulan, referensi makna.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com