Alasan Jokowi Cabut Syarat Tes PCR-Antigen untuk Pelaku Perjalanan

Kompas.com - 21/05/2022, 06:30 WIB

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan bahwa pelaku perjalanan yang telah menerima vaksin Covid-19 dosis lengkap atau dosis kedua tak perlu lagi menunjukkan hasil tes PCR dan antigen.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Selasa (17/5/2022), kebijakan tersebut berlaku bukan hanya bagi pelaku perjalanan di dalam negeri, tetapi juga bagi pelaku perjalanan luar negeri.

"Bagi pelaku perjalanan dalam negeri dan luar negeri yang sudah mendapatkan dosis vaksinasi lengkap, sudah tidak perlu lagi untuk melakukan tes swab PCR maupun antigen," kata Jokowi dalam tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (17/5/2022).

Sebelumnya, hasil negatif RT-PCR atau antigen menjadi salah satu syarat bepergian, baik di dalam maupun luar negeri. Hanya warga yang sudah vaksinasi booster atau menerima dosis ketiga yang bebas dari persyaratan tersebut.

Selain mengendurkan syarat bagi pelaku perjalanan, Jokowi juga mengumumkan pelonggaran pemakaian masker.

Baca juga: Profil SpaceX, Perusahaan Milik Elon Musk yang Dikunjungi Jokowi

Jokowi mengatakan, masyarakat boleh tidak menggunakan masker saat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang.

Akan tetapi, Jokowi menambahkan, warga tetap wajib memakai masker saat berkegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik.

Selain itu, Jokowi menuturkan, warga usia lanjut maupun yang memiliki penyakit bawaan disarankan tetap mengenakan masker.

Jokowi melanjutkan, warga yang sedang dalam kondisi tidak fit akibat batuk dan pilek juga tetap harus mengenakan masker saat beraktivitas.

"Demikian juga bagi masyarakat yang mengalami gejala batuk dan pilek, maka tetap harus menggunakan masker ketika melakukan aktivitas," ujar Jokowi.

Baca juga: Harga Tiket Pesawat Melonjak, Gubernur Aceh Surati Jokowi hingga Tanggapan Lion Group

Halaman:
Baca tentang
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.