Profil SpaceX, Perusahaan Milik Elon Musk yang Dikunjungi Jokowi

Kompas.com - 15/05/2022, 14:41 WIB

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengunjungi kantor SpaceX di Boca Chica, Amerika Serikat (AS), Sabtu (14/5/2022). Ini menjadi bagian dari rangkaian kunjungan kerja Jokowi ke AS.

Kedatangan Jokowi disambut langsung oleh CEO SpaceX, Elon Musk. Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi berdiskusi dan meninjau pabrik produksi roket bersama Elon Musk.

Setelah meninjau, Jokowi menyebut kunjungan ke SpaceX merupakan tindak lanjut kunjungan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Sebelumnya, Jokowi memerintahkan Luhut untuk berbicara dengan Elon.

“Tindak lanjut perintah saya untuk berbicara dengan Elon mengenai investasi, mengenai teknologi, mengenai inovasi, dan sekarang saya ke sini dan bertemu langsung dengan Elon untuk mendiskusikan kerja sama yang akan datang,” kata Jokowi dikutip dari siaran pers di website resmi Sekretariat Presiden, Minggu (15/5/2022).

Baca juga: Jokowi Kunjungi SpaceX, Diskusikan Rencana Kerja Sama dengan Elon Musk

Sementara itu Elon mengaku cukup tertarik dengan masa depan Indonesia. Ia menyebut Indonesia memiliki potensi besar sehingga tidak menutup kemungkinan adanya kerja sama antara SpaceX maupun Tesla dengan Indonesia.

"Saya rasa Indonesia memiliki potensi yang besar, dan saya rasa kita melalui Tesla dan SpaceX akan mencoba beberapa kerja sama dengan Indonesia," ujar Elon.

"Kita akan melihat dari dekat bentuk kerja sama di banyak hal, karena Indonesia memiliki banyak potensi. Apalagi Indonesia memiliki jumlah populasi dan terus berkembang. Ini bagus karena kita membutuhkan banyak orang di masa depan," kata Elon lagi.

Melihat adanya potensi kerja sama di bidang bisnis antara SpaceX dengan Indonesia, berikut ini adalah ulasan mengenai SpaceX.

Presiden Joko Widodo dan Pendiri SpaceX Elon Musk saat sedang berada di kawasan SpaceX yanng berlokasi di Boca Chica, Amerika Serikat, pada Sabtu (14/5/2022). BPMI Setpres/Laily Rachev Presiden Joko Widodo dan Pendiri SpaceX Elon Musk saat sedang berada di kawasan SpaceX yanng berlokasi di Boca Chica, Amerika Serikat, pada Sabtu (14/5/2022).

Profil SpaceX

SpaceX atau Space Exploration Technologies Corporation merupakan perusahaan yang didirikan oleh Elon Musk pada tahun 2002.

SpaceX adalah perusahaan yang bergerak di bidang transportasi luar angkasa. Melalui SpaceX, Musk mengembangkan roket Falcon 1, Falcon 9, dan Falcon Heavy.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.