Jakarta, Kota dengan Biaya Hidup Paling Mahal di Indonesia

Kompas.com - 15/05/2022, 12:55 WIB

KOMPAS.com - Beberapa kota besar di Indonesia memang dikenal memiliki biaya hidup yang tergolong mahal.

Hal ini diakibatkan oleh tingkat pertumbuhan ekonomi yang tinggi, sehingga besaran biaya hidup di setiap kota berbeda-beda.

Faktor penentu mahal atau tidaknya biaya hidup di setiap kota dipengaruhi jumlah penduduk dan gaya hidup masyarakat yang ada di kota tersebut.

Dilansir dari Kompas.com (6/12/2021), ukuran kota dengan biaya hidup termahal bisa diketahui dengan dua cara, yakni melalui indeks harga konsumen (IHK) dan pengeluaran per kapita.

Data pengeluaran per kapita dapat dilihat dari hasil survei biaya hidup yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

Adapun, BPS melakukan survei biaya hidup (SBH) setiap lima tahun sekali berdasarkan perhitungan pengeluaran per kapita dan bukan berdasarkan tinggi rendahnya harga barang atau jasa.

Baca juga: Daftar 10 Kota dengan Biaya Hidup Termahal di Indonesia

Kini, BPS tengah mengerjakan SBH 2022 untuk menggantikan survei biaya hidup yang terakhir terbit pada 2018.

Lantas, Kota mana saja yang memiliki biaya hidup termahal di Indonesia?

Daftar 10 kota termahal Dikutip dari laman BPS, berikut daftar 10 kota termahal di Indonesia berdasarkan data pengeluaran per kapita selama satu bulan:

1. Jakarta

Jakarta merupakan ibu kota sekaligus pusat bisnis Indonesia. Tak heran, kota ini menjadi incaran bagi perantau untuk mencari nafkah. Hasil SBH 2018, total rata-rata pengeluaran per kapita di Jakarta adalah sebesar Rp 4.446.770.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.