Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tanaman yang Bisa Digunakan untuk Usir Kecoa di Rumah

Kompas.com - 12/03/2022, 10:45 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Kehadiran kecoak di dalam rumah memang terasa mengganggu bagi para penghuninya. Sebab, sebagian orang merasa jijik ketika melihat kecoak berseliweran di dalam rumah.

Tak cuma itu saja, kecoak juga bisa membawa bibit penyakit dan sering dikaitkan dengan sesuatu yang kotor dan jorok.

Bagi Anda yang ingin mengusir kecoak di rumah, ada beberapa pilihan cara yang bisa dilakukan. Di antaranya menggunakan semprotan pembasmi kecoak.

Baca juga: 3 Tanaman Terbaik yang Mampu Mengusir Kecoak Keluar Rumah

Namun jika ingin menggunakan metode lain, ada cara mudah yang bisa dilakukan. Cara ini juga terbilang lebih aman karena tidak menggunakan zat kimia berbahaya, yakni hanya memanfaatkan tanaman-tanaman tertentu.

Tanaman pengusir kecoak

Seperti dilansir dari The Pratical Planter, Rabu (9/3/2022), ada tiga jenis tanaman terbaik yang bisa digunakan untuk mengusir kecoak di rumah, yakni sebagai berikut:

1. Daun salam

Ilustrasi daun salam segar.SHUTTERSTOCK/EKATERINA KONDRATOVA Ilustrasi daun salam segar.

Tanaman pengusir kecoak yang pertama adalah daun salam. Daun salam memiliki aroma yang kuat sehingga efektif digunakan untuk mengusir kecoak.

Daun salam memiliki senyawa yang disebut eucalyptol, yang paling banyak ditemukan di eukaliptus.

Selain sebagai bahan untuk obat kumur dan obat batuk, eucalyptol juga dapat mengusir serangga hingga digunakan dalam beberapa kedokteran hewan untuk mengobati parasit.

Baca juga: Alasan Kecoak Mati dengan Posisi Tubuh Terbalik

Meskipun daun salam memiliki rasa ringan yang hampir tidak disadari oleh kebanyakan manusia, kecoak membencinya. Bahkan beberapa lembar daun salam saja sudah cukup untuk mengusir serangga yang satu ini.

2. Catnip

Kucing boleh menelan catnip. Bahkan, tanaman ini mungkin bermanfaat untuk saluran pencernaan kucing.SHUTTERSTOCK/FOTO2RICH Kucing boleh menelan catnip. Bahkan, tanaman ini mungkin bermanfaat untuk saluran pencernaan kucing.

Berikutnya tanaman catnip. Tanaman catnip atau Nepeta cataria termasuk jenis tanaman yang disenangi oleh kucing. Jika Anda memiliki kucing peliharaan di rumah, ini bisa jadi cara yang efektif untuk mengusir kecoak.

Para peneliti di Iowa State University mengungkapkan bahwa catnip lebih efektif untuk mengusir kecoak daripada DEET (senyawa kimia).

Bagian terbaiknya adalah catnip berhasil mengusir kecoak dengan cara yang benar-benar alami, tanpa efek samping berbahaya yang terkandung dalam DEET.

Itu karena minyak atsirinya mengandung senyawa kimia nepetalactone, pengusir kecoak yang terjadi secara alami.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com