Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Ini Alasannya

Kompas.com - 12/03/2022, 09:15 WIB

KOMPAS.com - Banyak orang yang sudah mengetahui bahwa manfaat kopi adalah membantu menghilangkan rasa kantuk.

Faktanya, selain itu, minum kopi ternyata memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, di antaranya adalah membantu menurunkan berat badan berlebih.

Tentu bukan tanpa alasan mengapa minum kopi bisa membuat berat badan turun. Dikutip dari Everyday Health, setidaknya ada tiga alasan yang membuat kopi bisa membantu menurunkan berat badan.

Kopi bisa membantu menurunkan berat badan

Baca juga: Bagaimana Kopi Bisa Menurunkan Berat Badan?

1. Kopi memperbaiki metabolisme tubuh

Menurut Harvard Health Publishing, metabolisme tubuh yang cepat bisa membakar lebih banyak kalori, baik saat bergerak atau pun saat beristirahat.

Nah, kandungan kafein dalam kopi inilah yang disebut bisa berfungsi meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Hal itu diungkapkan oleh Dr. Daniel Boyer, peneliti medis di Des Moines, Lowa AS.

"Kafein adalah stimulan yang meningkatkan termogenesis metabolik, yaitu proses di mana
tubuh menghasilkan panas dari zat makanan yang dicerna," kata Dr Boyer.

“Ini berarti tingkat metabolisme yang lebih cepat mendorong penurunan berat badan yang lebih cepat dari pada tingkat metabolisme yang lebih lambat,” terang Dr Boyer.

2. Menekan nafsu makan

Alasan kedua adalah kopi dapat meningkatkan rasa kenyang. Menurut Mayo Clinic, minum kopi meningkatkan rasa kenyang, meski tidak semua orang merasakan efek kopi yang satu ini.

Efek ini yang kemudian dapat memengaruhi berat badan. Sebab, karena rasa kenyang yang ditimbulkan tadi, seseorang menjadi tidak mengonsumsi camilan ekstra, sehingga ada kemungkinan kalori secara keseluruhan yang dimiliki tubuh lebih sedikit.

Menurut Dr. Boyer, asupan kalori berlebih merupakan kontributor utama kenaikan berat badan seseorang.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.