Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Manfaat Menakjubkan Kopi untuk Kesehatan

Kompas.com - 07/11/2021, 10:00 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com – Kopi merupakan minuman yang tak hanya populer, tetapi juga menawarkan sejumlah manfaat untuk kesehatan.

Manfaat kesehatan yang dimiliki kopi berasal dari kandungan antioksidan dan nutrisi yang sangat menyehatkan. Beberapa nutrisi yang terkandung dalam kopi adalah vitamin B2, vitamin B5, mangan, kalium, magnesium, serta niasin.

Menurut penelitian, mengonsumsi kopi dalam jumlah yang tepat dapat membantu menurunkan risiko terserang penyakit serius.

Manfaat Kopi

Dilansir dari Healthline melalui KOMPAS.com, Senin (25/10/2021), inilah 5 manfaat kopi untuk kesehatan.

1. Kopi dapat menurunkan risiko kanker

Salah satu manfaat kopi untuk kesehatan adalah dapat menurunkan risiko kanker hati dan kanker kolorektal.

Baca juga: 7 Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan

Sebuah studi yang dipublikasikan Elsevier pada 2007 menunjukkan, orang yang mengonsumsi kopi mempunyai risiko terkena kanker hati 40 persen lebih rendah.

Penelitian lain yang dilakukan terhadap 489.706 orang menemukan, mereka yang minum 4-5 cangkir kopi per hari mempunyai risiko 15 persen lebih rendah terkena kanker kolorektal.

2. Kopi dapat membantu menurunkan berat badan

Kafein, yang terdapat dalam kopi, ditemukan di hampir setiap suplemen pembakar lemak. Zat ini merupakan salah satu dari sedikit zat alami yang terbukti mampu membantu pembakaran lemak.

Menurut studi, kafein dapat meningkatkan pembakaran lemak hingga 10 persen pada orang dengan obesitas dan 29 persen pada orang kurus.

Baca juga: Manfaat Seledri bagi Kesehatan, Turunkan Darah Tinggi hingga Lancarkan Pencernaan

3. Kopi dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2

Mengonsumsi kopi secara rutin dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2. Sebuah studi pada tahun 2009 menemukan, konsumsi kopi dapat menurunkan risiko terkena penyakit diabetes tipe 2 hingga 23-50 persen lebih rendah.

Studi lain yang dipublikasikan National Library of Medicine tahun 2008 menunjukkan, mengonsumsi kopi dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 hingga 67 persen.

4. Manfaat kopi terhadap penyakit Alzheimer

Terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai upaya untuk mencegah penyakit Alzheimer, yakni menerapkan gaya hidup sehat, konsumsi makan sehat, serta rutin berolahraga.

Sebuah studi yang dipublikasikan di European Journal of Neurology mengatakan, orang yang rutin mengonsumsi kopi mempunyai risiko penyakit Alzheimer hingga 65 persen lebih rendah.

5. Kopi dapat melindungi organ hati

Beberapa penyakit yang terkait dengan organ hati adalah hepatitis, penyakit hati berlemak, maupun penyakit hati lainnya.

Baca juga: 6 Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan

Banyak dari kondisi tersebut yang menyebabkan sirosis, yakni kondisi ketika organ hati sebagian besar digantikan oleh jaringan parut. Menariknya, kopi dapat melindungi organ hati dari sirosis.

Mengonsumsi 4 cangkir kopi atau lebih per hari dapat menurunkan risiko hingga 80 lebih rendah mengalami sirosis hati.

(Penulis: Zintan Prihatini | Editor: Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas)

Sumber: KOMPAS.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com