5 Sungai yang Paling Panjang di Dunia

Kompas.com - 07/11/2021, 08:00 WIB

KOMPAS.com – Sungai merupakan elemen yang penting bagi kehidupan masyarakat. Salah satu manfaatnya adalah sebagai sumber pangan bagi masyarakat di sekitarnya.

Sejumlah negara memiliki sungai yang dinobatkan sebagai sungai terpanjang di dunia. Sungai-sungai tersebut mengalir hingga ribuan kilometer dan menjadi sumber air utama bagi banyak negara.

Sebagaimana diberitakan Kompas.com, berikut adalah daftar 5 sungai yang paling panjang di dunia:

1. Sungai Nil (Afrika)

Sungai Nil merupakan sungai terpanjang di dunia yang berlokasi di Afrika. Dengan panjang hingga 6.650 kilometer, Sungai Nil melintasi Tanzania, Uganda, Rwanda, Burundi, Congo, Kenya, Ethiopia, Eritrea, Sudan Selatan, Sudan, hingga Mesir.

Bagi masyarakat Mesir dan Sudan, Sungai Nil adalah sumber air yang utama. Adapun sumber aliran air Sungai Nil adalah Danau Victoria.

Baca juga: Daftar Hewan Eksotis Ini adalah Burung Paling Berbahaya di Dunia

2. Sungai Amazon (Amerika Selatan)

Terletak di Amerika Selatan, Sungai Amazon adalah sungai yang paling panjang kedua di dunia dengan panjang 6.437 kilometer.

Tak hanya mengalir hingga ribuan kilometer, Sungai Amazon juga dinobatkan sebagai sungai terbesara. Debit air sungai ini mengirimkan 209.000 meter kubik air ke Samudera Atlantik tiap detiknya.

Sungai Amazon melintasi tujuh negara, yakni Brazil, Peru, Bolivia, Colombia, Ecuador, Venezuela, dan Guyana.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.