Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Produk Pengusir Kecoak di Rumah, Bisa Dibuat Sendiri dengan Mudah

Kompas.com - 15/02/2022, 17:53 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecoak adalah salah satu hama pengganggu di rumah. Mengusir kecoak di rumah pun seringkali bukan perkara mudah, sebab ia bisa kembali lagi setelah beberapa waktu.

Namun demikian, selain menggunakan produk pembasmi kecoak yang dijual di pasaran, Anda juga dapat membuatnya sendiri. Produk pengusir kecoak buatan sendiri ini pun tidak kalah ampuhnya dengan yang biasa ditemui di toko.

Dikutip dari Apartment Therapy, Selasa (15/2/2022), berikut beberapa produk pengusir kecoak yang dapat dibuat sendiri di rumah.

Baca juga: Ada Kecoak di Rumah? Basmi dengan 4 Bahan Alami Ini

Ilustrasi tanah diatom. Selain untuk tanaman, tanah diatom juga dapat digunakan untuk mengusir kecoak di rumah. SHUTTERSTOCK/ANNA HOYCHUK Ilustrasi tanah diatom. Selain untuk tanaman, tanah diatom juga dapat digunakan untuk mengusir kecoak di rumah.

1. Tanah diatom

Tanah diatom adalah bubuk putih yang terbuat dari sisa-sisa fosil diatom, yang merupakan sejenis ganggang. Tanah diatom ditemukan di banyak produk rumah tangga biasa.

Selain itu, jika Anda membeli tanah diatom food grade, produk ini aman untuk hewan peliharaan dan manusia. Bubuk tanah diatom dapat menghancurkan kerangka luar kecoak.

Setelah Anda benar-benar membersihkan rumah dan menyingkirkan atau menyegel sumber makanan kecoak yang mungkin ada seperti remah-remah, sampah, atau makanan hewan yang mudah diakses, taburkan sedikit tanah diatom di tempat Anda pernah melihat kecoak di rumah untuk menyingkirkannya.

Kecoak juga akan membawa umpan kembali ke sarang untuk memberi makan kecoak lain, memerangi masalah hama ini di sumbernya.

Baca juga: Cara Membasmi Kecoak di Rumah Pakai Deterjen dan Gula

2. Minyak esensial

Penelitian telah menemukan bahwa beberapa minyak esensial, terutama minyak rosemary, efektif untuk mengusir kecoak. Minyak rosemary ditemukan menawarkan tingkat kematian kecoak 100 persen pada kisaran konsentrasi 2,5 persen hingga 30 persen.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com