Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Makanan Pengganti Nasi yang Baik untuk Program Diet

Kompas.com - 13/02/2022, 22:35 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis

KOMPAS.com - Dalam beberapa jenis diet, biasanya orang yang menjalani diet akan disarankan untuk mengurangi konsumsi nasi putih.

Bila kamu sudah terbiasa mengkonsumsi nasi putih, hal ini tentunya akan menjadi tantangan tersendiri bagi kamu dalam menjalani program diet tersebut.

Meskipun nasi putih sebagai sumber karbohidrat dianjurkan untuk tidak dikonsumsi, tetapi bukan berarti kamu tidak membutuhkan.

Karbohidrat sangat penting bagi tubuh untuk dapat diolah menjadi sumber energi. Nah, sumber energi selain nasi putih ternyata bisa didapatkan dari berbagai jenis bahan pangan lainnya sebagai berikut.

1. Jagung

Peran nasi sebagai sumber karbohidrat juga dapat digantikan dengan jagung. Dalam 100 gram biji jagung terkandung 86 kalori dan berbagai jenis vitamin B, seperti dilansir dari Very Well Fit.

Makanan pengganti nasi ini juga kaya akan serat yang dapat membantu menurunkan kadar kolestrol jahat. Jagung bisa dikonsumsi dalam bentuk nasi atau tepung.

Kamu dapat membeli nasi dan tepun jagung di toko-toko terdekat.

2. Kentang

Baca juga: Apa Ubi Jalar Bisa Jadi Pengganti Nasi Putih?

Selain jagung, kamu juga bisa mengganti nasi dengan kentang. Umbi ini kaya akan kandungan serat sehingga baik untuk pencernaan.

Untuk mengonsumsinya cukup rebus atau kukus kentang dan sajikan bersama lauk lainnya. Bisa pula dijadikan mashed potato atau kentang tumbuk jika ingin lebih gurih.

3. Shirataki

Shirataki adalah mi yang terbuat dari glucomannan, sejenis serat yang berasal dari akar tanaman konjac atau konnyaku.
Mi yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Jepang ini mengandung kalori sebanyak 3 kkal tiap porsinya, sekitar 85 gram.

Cara memasak shirataki terbilang mudah. Cukup rebus dalam air selama dua menit, lalu panaskan kembali menggunakan wajan anti lengket.

4. Oatmeal dan havermout

Serat dalam oatmeal bisa membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Secara tidak langsung hal tersebut akan memengaruhi berat badan.

Mengutip laman Healthline, 100 gram oatmeal mengandung kalori sebanyak 68 kkal. Selain itu terdapat pula kandungan nutrisi lainnya, seperti vitamin A, kalsium, potasium dan juga vitamin B6.

Mengonsumsi oatmeal secara rutin bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dan gula dalam darah.

5. Nasi merah
Nasi merah merupakan sumber karbohidrat kompleks dengan indeks glimekik yang rendah. Selain itu nasi merah juga kaya akan kandungan vitamin B6, zinc, dan juga zat besi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com