"Monday Blues" Buruk untuk Kesehatan, Ini Tips Menghadapi Hari Senin

Kompas.com - 08/02/2022, 09:37 WIB

KOMPAS.com - Hari apa dalam seminggu yang paling Anda benci? Tidak perlu dijawab. Bahkan jika Anda membencinya, dia akan selalu ada untuk Anda. Jadi, apa yang bisa Anda lakukan agar hari Senin bukanlah mimpi buruk lagi?

Masyarakat dahulu belum memiliki sistem kalender yang sah dan diakui secara global.

Setiap suku atau negara di planet ini kala itu memiliki kalendernya masing-masing.

Kalender Maya dan Aztec, misalnya. Banyak orang percaya bahwa seminggu terdiri dari 10 hari. Beberapa orang menganggap bahwa seminggu terdiri dari lima hari.

Orang Babilonia diperkirakan pertama kali menggunakan istilah "tujuh hari dalam seminggu" sekitar abad keenam SM. Mereka percaya bahwa Tuhan menciptakan Bumi dalam enam hari dan menetapkan hari ketujuh sebagai waktu istirahat.

Baca juga: Penyebab Monday Blues, Perasaan Sedih dan Benci Hari Senin

Itulah sebabnya mereka menentukan bahwa satu minggu terdiri dari tujuh hari. Namun, hari itu tidak memiliki nama seperti yang kita kenal sekarang. Itu hanya disebut sebagai yang pertama, kedua, dan seterusnya.

Kemudian, pada masa Kekaisaran Romawi Kuno, atau tepatnya ketika Julius Caesar berkuasa, hari-hari itu diberi nama. Label tersebut dibuat menggunakan nama Matahari, Bulan, dan lima planet yang diketahui saat itu. Kalender Julian adalah nama sistem kalender zaman Julius Caesar.

Senin berasal dari frasa "Bulan" dalam beberapa bahasa. Senin dalam bahasa Indonesia, berasal dari kata Arab "isnain," yang berarti "dua" dan mengacu pada hari kedua dalam seminggu.

Senin juga dikenal sebagai Soma, yang berasal dari bahasa Sansekerta, yang berarti Bulan. Pengertianya sama dalam bahasa Eropa.

Keberadaan hari Senin akan agak disesalkan bagi mereka yang sedang tidur. Alasannya karena hari Senin adalah awal minggu, artinya semua aktivitas mulai dari sekolah, kuliah, dan pekerjaan dimulai pada hari Senin.

Halaman:
Sumber Kompasiana


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.