Jangan Asal-asalan, Ini Tips Berjualan dan Investasi NFT Bagi Pemula

Kompas.com - 23/01/2022, 22:10 WIB
Ilustrasi NFT OpenSeaIlustrasi NFT

KOMPAS.com - Pasar Non Fungible Token atau NFT mulai mendapat tempat di masyarakat Indonesia. Hal ini terlihat dari maraknya pemberitaan mengenai NFT di awal tahun 2022 ini.

Salah satu pemicunya yakni viralnya seorang pemuda asal Semarang bernama Ghozali yang sukses meraup untung hingga miliaran rupiah dari hasil berjualan produk NFT.

Ghozali menjadikan kumpulan foto selfie-nya selama lima tahun sebagai produk NFT dan dijual di salah satu marketplace NFT terbesar, yaitu OpenSea.

Baca juga: Ingin Jual dan Investasi NFT? Ini Tips yang Perlu Dicoba

Kesuksesan Ghozali ini membuat orang berbondong-bondong menjual produk NFT-nya di OpenSea. Sayangnya, hal ini terkesan asal-asalan karena hanya ingin meniru kesuksesan Ghozali semata.

Hal itu bisa terlihat dari produk-produk NFT yang dijual. Mulai dari foto KTP, pakaian, hingga makanan. Padahal KTP merupakan data pribadi yang tidak boleh disebarluaskan secara sembarangan.

Jual siomay di OpenseaTangkapan Layar Opensea Jual siomay di Opensea

Tips berjualan NFT

Menurut Pandu Sastrowardoyo, CEO DeBio Network sekaligus Co-Founder Asosiasi Blockchain Indonesia, secara teknis, memang tidak ada standar tertentu untuk menentukan harga dan produk NFT yang ingin dijual.

Sebab transaksi NFT dilakukan dalam sistem blockchain yang dapat dilakukan siapapun tanpa perlu izin (permissionless), mengingat konsep utamanya adalah kepemilikan (sovereignty).

Seperti diberitakan Kompas.com, Jumat (21/1/2022), ada sejumlah tips berjualan NFT terutama bagi Anda yang masih pemula. Tips ini dibagikan oleh Ketua Umum Asosiasi Pedagang Aset Kripto Indonesia (Aspakrindo) & COO Tokocrypto, Teguh Kurniawan Harmanda.

Baca juga: Bagaimana Ghozali Bisa Dapat Uang Miliaran Rupiah dari Jual NFT Foto Selfie?

Berikut tips jual dan investasi NFT bagi pemula:

  • Tentukan peran

Tips yang pertama adalah tentukan peran Anda ketika akan terjun di dunia NFT. Anda harus menentukan objektifnya, apakah akan bertindak sebagai kreator (orang yang menjual) NFT atau sebagai pembeli maupun kolektor NFT untuk dijual lagi.

  • Pahami file digital

Tips berikutnya adalah pahami proses cetak atau pemindaian file digital. File yang dimaksud bisa berbentuk gambar, video, audio, atau apa pun ke dalam jaringan blockchain.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.