Uji Coba Travel Bubble Indonesia-Singapura Besok Dimulai, Apa Itu?

Kompas.com - 23/01/2022, 21:56 WIB
Ilustrasi Travel Bubble SHUTTERSTOCKIlustrasi Travel Bubble

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno memastikan travel bubble antara Indonesia dan Singapura akan diujicobakan pada 24 Januari 2022.

"Setelah kami menyimpulkan, maka pada 24 Januari skema travel bubble untuk Batam-Bintan akan dioperasikan," kata Sandiaga dalam siaran pers Sabtu (23/1/2022).

Keputusan ini diambil usai Sandiaga menghadiri rapat pembahasan travel bubble di Angsana Hotel, Bintan, Kepulauan Riau, Jumat (21/1/2022), serta meninjau dua zona travel bubble di Kepri, yaitu Nongsa, Batam dan Lagoi, Bintan.

Nantinya, skema perjalanan travel bubble ini akan dicantumkan di dalam Surat Edaran yang akan dikeluarkan oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19.

“Mohon dukungan masyarakat dan industri pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk mematuhi protokol Kesehatan, termasuk integrasi dengan PeduliLindungi," kata Sandiaga.

Menurut Sandiaga, wisatawan mancanegara asal Singapura memiliki prospek yang sangat strategis dalam upaya membangkitkan ekonomi dan pariwisata nasional, khususnya di Kepulauan Riau.

Baca juga: Besok, Uji Coba Travel Bubble Indonesia-Singapura Dimulai

"Safe travel bubble tourism Kepri sudah kita siapkan satu tahun lebih bersama Bapak Gubernur dan pada saat ini dapat kami sampaikan bahwa Lagoi dan Nongsa sangat siap sebagai bubble zone untuk wisatawan Singapura,” jelas Sandiaga.

Dengan ujicoba travel bubble ini, Sandiaga berharap akan membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya. Selain itu juga memberi sinyal positif, bahwa Indonesia mampu menangani pandemi Covid-19 dengan baik dan terkendali.

Apa itu travel bubble?

Koridor perjalanan antar negara di tengah pandemi

Ide seputar travel bubble tengah dibicarakan di seluruh dunia. Gagasan ini, mengutip Forbes, terbilang cukup mudah untuk dimengerti.

Travel bubble adalah ketika dua atau lebih negara yang berhasil mengontrol virus corona sepakat untuk menciptakan sebuah gelembung atau koridor perjalanan.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.