Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi: Kebiasaan Membersihkan Tempat Tidur Berpotensi Menjadi Jutawan

Kompas.com - 18/01/2022, 19:52 WIB
Kompasianer Jeniffer Gracellia,
Farid Assifa

Tim Redaksi

Sumber Kompasiana

KOMPAS.com - Membersihkan tempat tidur adalah salah satu pekerjaan rumah tangga yang sederhana. Tidak butuh waktu yang lama untuk menyelesaikannya.

Namun, tidak semua orang terbiasa membersihkan tempat tidurnya di pagi hari. Hal itu mungkin karena pemikiran seperti "Nanti malam tidur di tempat tidur yang sama, untuk apa repot-repot merapikannya? Nanti juga berantakan lagi."

Ya, memang benar. Nanti malam juga tidur di tempat tidur yang sama, yang paginya juga akan berantakan ketika bangun.

Namun, tahukah Anda ternyata membersihkan tempat tidur bukan hanya persoalan estetika.

Membersihkan tempat tidur secara psikologis, jauh di bawah alam sadar Anda, ternyata memiliki efek membuat hari Anda lebih baik dan lebih produktif. Mengapa hal itu bisa terjadi?

Baca juga: Ketika Masyarakat Pontianak Terbiasa Bertaruh Nyawa di Sampan

Sebuah penelitian dilakukan pada tahun 2017 oleh YouGov, sebuah perusahaan yang fokus dalam riset pasar dan analisis pasar, guna menemukan berapa banyak masyarakat Amerika Serikat yang merapikan tempat tidurnya setelah bangun tidur.

Ditemukan bahwa 37 persen dari mereka "selalu" merapikan tempat tidurnya, kemudian diikuti dengan "sering" (19 persen), "kadang-kadang" (20 persen), "jarang" (14 persen), dan "tidak pernah" (7 persen).

Pentingnya lakukan hal-hal kecil dalam hidup

Sebuah buku berjudul "Make Your Bed: Little Things Can Change Your Life.. and Maybe the World" karya William H McRaven menjelaskan manfaat dari membersihkan tempat tidur untuk hidup kita.

William H McRaven adalah mantan laksamana bintang empat Angkatan Laut Amerika Serikat. Setelah pensiun dari AL, ia juga pernah menjabat sebagai rektor di Universitas Texas, salah satu universitas terbaik di Amerika Serikat.

Ia bahkan pernah disebut-sebut sebagai nominasi Menteri Pertahanan Amerika Serikat setelah Presiden Joe Biden menjabat, namun posisi tersebut diberikan kepada Lloyd Austin.

Bisa dibilang bahwa McRaven adalah salah satu tokoh penting dalam pendidikan, militer dan juga perpolitikan Amerika Serikat.

McRaven menyampaikan pengalamannya sebagai seorang anggota militer. Bagaimana setiap pagi hal yang dilakukan oleh instrukturnya adalah memeriksa tempat tidur.

Setiap sudut dari seprei, bantal, kasur, hingga selimutnya harus terlipat rapi sesuai peraturan.

Sebuah kebiasaan yang sederhana tetapi harus dilakukan setiap pagi oleh McRaven dan mungkin dilakukan oleh seluruh anggota militer di seluruh dunia.

McRaven menyatakan bahwa saat itu ia merasa kebiasaan ini agak konyol, bagaimana anggota militer yang pemberani, tangguh, dan siap berperang justru harus membersihkan tempat tidurnya setiap pagi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com