3 Cara Menyimpan Minyak Goreng Bekas agar Bisa Dipakai Ulang

Kompas.com - 16/01/2022, 19:30 WIB

KOMPAS.com - Mahalnya harga minyak goreng yang terjadi beberapa waktu lalu dapat menjadi pelajaran agar masyarakat dapat menghemat penggunaan bahan pokok tersebut saat memasak.

Salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan menyimpan minyak goreng bekas agar bisa digunakan lagi.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menyimpan minyak bekas untuk digunakan kembali tanpa merusak rasa makanan.

Dilansir dari laman Bonappetit melalui KOMPAS.com, berikut ini cara menyimpan minyak goreng bekas agar agar bisa dipakai kembali:

1. Dinginkan minyak

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Selasa (11/1/2022), cara menyimpan minyak goreng bekas agar bisa dipakai kembali yang pertama adalah dengan mendinginkan minyak terlebih dahulu.

Baca juga: 5 Tips Hemat Minyak Goreng Saat Memasak

Setelah selesai menggoreng, biarkan minyak panas berada di dalam tempat penggorengan hingga berubah menjadi suhu ruang. Setelah itu, minyak bekas dapat dituang ke dalam wadah khusus, kemudian disimpan di tempat dengan suhu ruang.

2. Saring minyak

Minyak goreng yang digunakan untuk menggoreng ayam, ikan, atau bahan makanan lainnya kerap terdapat remah-remah sisa penggorengan.

Oleh sebab itu, gunakan saringan halus untuk menyaring minyak goreng bekas sebelum disimpan kembali.

Akan tetapi, pastikan minyak goreng bekas telah memiliki suhu ruang terlebih dahulu sebelum disaring.

3. Simpan dalam wadah

Setelah minyak goreng bekas didinginkan dan disaring, simpan minyak di wadah yang bersih, seperti stoples kaca atau botol khusus minyak goreng.

Baca juga: Belanja di Indomaret Bisa Dapat Minyak Goreng Gratis, Begini Caranya

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.