Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Cara Menyimpan Minyak Goreng Bekas agar Bisa Dipakai Ulang

KOMPAS.com - Mahalnya harga minyak goreng yang terjadi beberapa waktu lalu dapat menjadi pelajaran agar masyarakat dapat menghemat penggunaan bahan pokok tersebut saat memasak.

Salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan menyimpan minyak goreng bekas agar bisa digunakan lagi.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menyimpan minyak bekas untuk digunakan kembali tanpa merusak rasa makanan.

Dilansir dari laman Bonappetit melalui KOMPAS.com, berikut ini cara menyimpan minyak goreng bekas agar agar bisa dipakai kembali:

1. Dinginkan minyak

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Selasa (11/1/2022), cara menyimpan minyak goreng bekas agar bisa dipakai kembali yang pertama adalah dengan mendinginkan minyak terlebih dahulu.

Setelah selesai menggoreng, biarkan minyak panas berada di dalam tempat penggorengan hingga berubah menjadi suhu ruang. Setelah itu, minyak bekas dapat dituang ke dalam wadah khusus, kemudian disimpan di tempat dengan suhu ruang.

2. Saring minyak

Minyak goreng yang digunakan untuk menggoreng ayam, ikan, atau bahan makanan lainnya kerap terdapat remah-remah sisa penggorengan.

Oleh sebab itu, gunakan saringan halus untuk menyaring minyak goreng bekas sebelum disimpan kembali.

Akan tetapi, pastikan minyak goreng bekas telah memiliki suhu ruang terlebih dahulu sebelum disaring.

3. Simpan dalam wadah

Setelah minyak goreng bekas didinginkan dan disaring, simpan minyak di wadah yang bersih, seperti stoples kaca atau botol khusus minyak goreng.

Gunakan corong untuk memudahkan proses menuang minyak dan agar tidak ada minyak goreng bekas yang tumpah saat dituang ke dalam wadah.

Simpan minyak goreng bekas di tempat yang kering dan suhu sejuk. Hindari menyimpan sisa minyak di tempat yang panas, seperti di dekat oven, di atas lemari pendingin, atau bahkan di atas microwave.

(Penulis: Suci Wulandari Putri Chaniago | Editor: Yuharrani Aisyah)

Sumber: KOMPAS.com

https://www.kompas.com/wiken/read/2022/01/16/193000581/-3-cara-menyimpan-minyak-goreng-bekas-agar-bisa-dipakai-ulang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke