Kalahkan Google, TikTok Jadi Website Terpopuler di Dunia Tahun 2021

Kompas.com - 01/01/2022, 07:45 WIB

KOMPAS.com - Popularitas TikTok terus melejit di tahun 2021. Platform berbagi video asal China ini bahkan dinobatkan menjadi situs web terpopuler di dunia tahun 2021 mengalahkan Google.

Hal itu berdasarkan laporan terbaru yang dirilis oleh perusahaan penyedia jaringan pengiriman konten (Content Delivery Network), CloudFlare.

CloudFlare menobatkan alamat TikTok.com sebagai situs web (website) paling populer di dunia pada 2021 dalam daftar "Top 10 Most Popular Domains 2021".

Baca juga: TikTok Rebut Takhta Google Jadi Website Terpopuler Dunia 2021

Berdasarkan data dari CloudFlare, lalu lintas internet atau trafik yang masuk ke TikTok.com lebih besar ketimbang situs-situs web populer lainnya, seperti Google.com, Facebook.com, serta Netflix.com.

Dengan berada di peringkat pertama, TikTok berhasil menggeser kedigdayaan Google di tahun-tahun sebelumnya. Sebagai situs web yang menyediakan banyak layanan, mulai dari Maps, Translate, Gambar, Berita, dan lainnya, amat wajar memang bila Google menjadi situs terpopuler di dunia.

Lebih lanjut, TikTok juga mengalami lonjakan yang cukup tinggi bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Pada 2020, masih berdasarkan data dari CloudFlare, TikTok.com hanya menempati peringkat ketujuh di daftar website terpopuler di dunia.

Namun, di sepanjang tahun 2021 ini, kunjungan ke domain TikTok.com terus melejit hingga akhirnya berhasil mengungguli Google.com.

CloudFlare mengungkapkan, pada awal tahun 2021, TikTok sempat beberapa kali saja menjadi website teratas yang paling sering dikunjungi. TikTok tercatat pertama kali menempati posisi teratas sebagai situs web yang paling sering dikunjungi selama sehari, yakni pada 17 Februari 2021.

Baca juga: TikTok Jadi Aplikasi yang Paling Banyak Diunduh Tahun 2021, Ungguli Facebook dkk

Di awal-awal tahun 2021, Google.com masih menduduki peringkat pertama di daftar website terpopuler. Perlahan pada semester kedua 2021, domain TikTok.com mulai mendominasi dan hampir memimpin setiap hari sebagai situs terpopuler dunia mulai Agustus 2021.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.