Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kalahkan Google, TikTok Jadi Website Terpopuler di Dunia Tahun 2021

Hal itu berdasarkan laporan terbaru yang dirilis oleh perusahaan penyedia jaringan pengiriman konten (Content Delivery Network), CloudFlare.

CloudFlare menobatkan alamat TikTok.com sebagai situs web (website) paling populer di dunia pada 2021 dalam daftar "Top 10 Most Popular Domains 2021".

Berdasarkan data dari CloudFlare, lalu lintas internet atau trafik yang masuk ke TikTok.com lebih besar ketimbang situs-situs web populer lainnya, seperti Google.com, Facebook.com, serta Netflix.com.

Dengan berada di peringkat pertama, TikTok berhasil menggeser kedigdayaan Google di tahun-tahun sebelumnya. Sebagai situs web yang menyediakan banyak layanan, mulai dari Maps, Translate, Gambar, Berita, dan lainnya, amat wajar memang bila Google menjadi situs terpopuler di dunia.

Lebih lanjut, TikTok juga mengalami lonjakan yang cukup tinggi bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Pada 2020, masih berdasarkan data dari CloudFlare, TikTok.com hanya menempati peringkat ketujuh di daftar website terpopuler di dunia.

Namun, di sepanjang tahun 2021 ini, kunjungan ke domain TikTok.com terus melejit hingga akhirnya berhasil mengungguli Google.com.

CloudFlare mengungkapkan, pada awal tahun 2021, TikTok sempat beberapa kali saja menjadi website teratas yang paling sering dikunjungi. TikTok tercatat pertama kali menempati posisi teratas sebagai situs web yang paling sering dikunjungi selama sehari, yakni pada 17 Februari 2021.

Di awal-awal tahun 2021, Google.com masih menduduki peringkat pertama di daftar website terpopuler. Perlahan pada semester kedua 2021, domain TikTok.com mulai mendominasi dan hampir memimpin setiap hari sebagai situs terpopuler dunia mulai Agustus 2021.

Puncak kepopuleran TikTok.com terjadi di bulan Oktober dan November. Di periode itu, platform video besutan ByteDance ini memimpin sebagai situs terpopuler di dunia, termasuk saat hari besar seperti Thanksgiving (25 November) dan Black Friday (26 November).

Berikut ini adalah daftar 10 Top domain situs web populer (akhir) 2021 versi CloudFlare:

  1. TikTok.com
  2. Google.com
  3. Facebook.com
  4. Microsoft.com
  5. Apple.com
  6. Amazon.com
  7. Netflix.com
  8. YouTube.com
  9. Twitter.com
  10. WhatsApp.com

Jadi saluran utama pemasaran Outlet media

Popularitas TikTok yang kian melejit juga menjadi perhatian sendiri bagi pengiklan. Menurut The New York Times, TikTok kini menjadi perhatian utama para retailer (pengecer) untuk kegiatan pemasaran (marketing).

TikTok dinilai sebagai media pemasaran yang bisa menjangkau atensi Gen Z, di tengah penurunan popularitas televisi kabel yang terus berlanjut.

Menurut Times, beriklan di TikTok menjadi jalan aman bagi retailer, mengingat tagar #TikTokMadeMeBuyIt (#TikTokMembuatkuMembeliIni) sekarang telah dilihat lebih dari 7 miliar kali di aplikasi TikTok.

"Pertumbuhan yang kami lihat itu gila," kata Krishna Subramanian, pendiri perusahaan pemasaran influencer Captiv8, kepada Times, sebagaimana dihimpun dari Gizmodo.

"Brand telah beralih, dari hanya sekadar mencoba TikTok (untuk pemasaran), kemudian benar-benar menyediakan anggaran khusus atau atau membuat kampanye khusus untuk di TikTok," lanjut Subramanian.

(Sumber:Kompas.com/Galuh Putri Riyanto | Editor: Yudha Pratomo)

https://www.kompas.com/wiken/read/2022/01/01/074500881/kalahkan-google-tiktok-jadi-website-terpopuler-di-dunia-tahun-2021

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke