Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Bumbu Dapur yang Bisa Usir Tikus dari Rumah

Kompas.com - 26/12/2021, 12:02 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Tikus merupakan salah satu hewan yang paling tidak disukai banyak orang. Selain dianggap menjijikan, tikus pun dipercaya membawa banyak virus dan bakteri penyebab penyakit.

Selain itu, keberadaan hewan pengerat ini di dalam rumah juga kerap membawa masalah, seperti merusak furnitur dan menggigiti makanan.

Ada banyak cara membasmi tikus di rumah, salah satunya dengan memanfaatkan bumbu yang ada di dapur.

Beberapa jenis bumbu dapur memang dapat mengusir tikus dari rumah secara alami, terutama yang memiliki aroma pedas dan bau menyengat.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Rabu (22/12/2021), berikut ini bumbu dapur yang bisa usir tikus dari rumah.

Baca juga: Cara Mengusir Tikus dengan Gunakan 3 Aroma Ini

1. Cabai

Bumbu dapur pertama yang dapat mengusir tikus dari rumah adalah cabai. Taburkan cabai kering atau bubuk cabai di area yang sering dilewati tikus.

Cara lainnya adalah dengan membuat larutan pembasmi tikus berbahan dasar cabai, kemudian menyemprotkannya ke area yang sering dilewati tikus.

Caranya, campurkan 2 sendok makan bubuk cabai, 1 sendok makan minyak sayur, dan beberapa tetes sabun cuci piring, kemudian aduk hingga semua bahan tercampur rata. Setelah semua bahan larut, masukkan cairan pembasmi tikus ke dalam botol semprot.

2. Kayu manis

Tikus tidak menyukai aroma pedas yang menyengat. Oleh sebab itu, hewan pengerat ini tidak menyukai kayu manis.

Letakkan batang kayu manis di area yang sering dilewati tikus. Bisa juga dengan mengolesi minyak kayu manis atau dengan menaburkan bubuk kayu manis di area tersebut.

Baca juga: Deretan Tanaman yang Ampuh Mengusir Serangga di Rumah

3. Cabai kering kasar

Taburkan cabai kering kasar di area yang sering dilewati tikus. Bisa juga dengan meletakkan kantong kain berisi satu sendok makan cabai kering kasar di laci atau lubang yang sering dilalui hewan pengerat tersebut.

4. Bawang putih

Tikus tidak menyukai aroma yang dikeluarkan oleh bawang putih. Oleh sebab itu, bumbu dapur ini efektif mengusir tikus dari rumah.

Taburkan bawang putih bubuk di area yang sering dilewati tikus. Selain itu, tanam bawang putih di halaman jika tikus di luar rumah menjadi masalah.

5. Mint

Sebarkan daun mint kering atau segar di atas meja untuk mencegah kedatangan tikus. Tanam tanaman mint di sekitar rumah juga ampuh mencegah tikus masuk ke dalam rumah.

Mint memiliki aroma yang sangat tidak disukai tikus. Letakkan kantong teh mint di laci dan gantung di lemari, atau basahi bola kapas dengan minyak mint.

(Penulis: Sakina Rakhma Diah Setiawan)

Sumber: KOMPAS.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com