Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadwal Indonesia di Final Piala AFF 2020, Dua Laga Lagi Menuju Juara!

Kompas.com - 26/12/2021, 09:15 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Timnas Indonesia memastikan langkah ke final Piala AFF 2020 usai mengalahkan Singapura 4-2 di pertandingan semifinal leg kedua, Sabtu (25/10/2021).

Hasil itu membuat tim Garuda unggul dengan agregat 5-3 atas tuan rumah Singapura. Gol-gol kemenangan Indonesia dicetak oleh Ezra Walian (11’), Pratama Arhan (87’), gol bunuh diri Shawal Anuar (91’), dan Egy Maulana Vikri (105+2’).

Sementara itu, dua gol balasan Singapura masing-masing dicetak Song Ui-yong (45+4’) dan Shahdan Sulaiman (74’).

Baca juga: Diwarnai 3 Kartu Merah, Indonesia Kalahkan Singapura dan Lolos ke Final Piala AFF 2020

Laga berlangsung ketat dan dramatis. Diwarnai 3 kartu merah untuk pemain Singapura, “The Lions” berhasil memberikan perlawanan ketat yang memaksa Indonesia bermain hingga 120 menit pertandingan.

Bahkan anak asuh Tatsuma Yoshida itu bisa memenangkan pertandingan seandainya eksekusi penalti Faris Ramli di penghujung laga babak kedua tidak dimentahkan oleh kiper Nadeo Argawinata.

Penampilan gemilang juga ditunjukkan oleh kiper Singapura Hassan Sunny. Pemain paling senior di tim Singapura itu berkali-kali menggagalkan peluang-peluang emas dari anak asuh Shin Tae-yong.

Sayangnya, menjelang akhir babak kedua perpanjangan waktu, Hassan Sunny harus dikeluarkan dari lapangan usai menerima kartu merah karena melanggar penyerang Indonesia, Irfan Jaya.

Baca juga: Kata Pelatih Singapura Usai Dibekuk Indonesia dalam Sebuah Laga Gila

Menariknya, striker Singapura, Iksan Fandi terpaksa menjadi kiper dadakan untuk menggantikan Hassan Sunny. Namun skor 4-2 tetap tidak berubah hingga akhir pertandingan.

Dua pemain Singapura lainnya yang terkena kartu merah ialah Safuwan Baharudin dan Irfan Fandi.

Hasil ini membawa Indonesia ke final AFF untuk yang keenam kalinya. Sayangnya, meski termasuk paling sering melangkah ke babak final, hingga kini Indonesia belum berhasil meraih gelar juara Piala AFF sejak turnamen tersebut digelar pada 1996 lalu.

Pemain-pemain Thailand merayakan gol Chanathip Songkrasin alias Messi Jay ke gawang Vietnam pada laga semifinal leg pertama Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, 23 Desember 2021.ROSLAN RAHMAN/AFP Pemain-pemain Thailand merayakan gol Chanathip Songkrasin alias Messi Jay ke gawang Vietnam pada laga semifinal leg pertama Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, 23 Desember 2021.

Bersama Thailand, Indonesia merupakan negara yang paling sering melaju ke babak final Piala AFF. Namun berbeda dengan tim Garuda, Thailand sukses meraih lima gelar juara dari delapan kali final.

Di babak final Piala AFF 2020 nanti, Indonesia berpeluang besar menghadapi Thailand. Sebab, tim ‘Gajah Putih’ Thailand unggul 2-0 di semifinal leg pertama atas Vietnam.

Gol-gol Thailand pada laga leg pertama semuanya dicetak oleh pemain andalan Chanathip Songkrasin alias Messi Jay.

Seandainya bertemu Thailand di babak final, ini akan menjadi pertemuan kedua tim yang keempat di final Piala AFF 2020. Tentu Indonesia ingin menghentikan rekor buruk di final Piala AFF dengan membawa pulang trofi juara. Semoga.

Baca juga: Jadwal Final Piala AFF 2020, Indonesia Tunggu Thailand atau Vietnam!

Jadwal final Piala AFF 2020

Final Piala AFF 2020 akan digelar dalam dua pertandingan, berikut jadwalnya:

  • Leg 1 - Rabu (29/12/2021)
  • Leg 2 - Sabtu (1/1/2022)

(Sumber:Kompas.com/Farahdilla Puspa | Editor: Eris Eka Jaya)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com