Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Bahaya Tidur Berdekatan dengan HP bagi Kesehatan

Kompas.com - 11/12/2021, 08:45 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Handphone (HP) menjadi salah satu perangkat yang paling penting bagi kehidupan manusia saat ini. Bukan hanya sebagai alat komunikasi saja, HP juga memiliki banyak fungsi lainnya yang bisa membantu banyak aktivitas sehari-hari.

Bahkan, saking ketergantungannya manusia terhadap HP, tidak sedikit yang orang yang menggunakan HP dari bangun hingga menjelang waktu tidur.

Beberapa alasan orang masih berkutat dengan HP di waktu sebelum tidur di antaranya adalah berkirim pesan, mengakses media sosial, menonton video, mendengarkan lagu, hingga berselancar atau browsing di internet.

Baca juga: Manfaat Tidur Siang bagi Kesehatan, Bisa Bantu Redakan Stres

Padahal, tidur dengan posisi yang berdekatan dengan HP bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Efeknya mungkin tidak langsung dirasakan, namun jika kebiasaan ini dilakukan secara konsisten selama bertahun-tahun kita mungkin akan mulai merasakan dampak buruknya.

Mengetahui alasan kenapa tidak boleh tidur dekat HP bisa membantu kita berupaya menghindari kebiasaan buruk yang mungkin selama ini dilakukan sekaligus meningkatkan kualitas tidur.

Bahaya tidur berdekatan dengan HP

Melansir berita Kompas.com, Rabu (8/12/2021), ada tiga bahaya yang bisa ditimbulkan akibat kebiasaan tidur dekat dengan HP, yakni sebagai berikut:

  • Potensi tumor otak

Salah satu bahaya yang bisa ditimbulkan akibat kebiasaan tidur dekat dengan HP adalah potensi tumor otak. Hal itu dipicu oleh radiasi elektromagnetik yang dimiliki oleh HP.

Dilansir dari Verywell Health, medan elektromagnetik yang dihasilkan dari HP memang diklasifikasikan oleh Badan Internasional untuk Penelitian Kanker (IARC) sebagai kemungkinan karsinogenik bagi manusia, meskipun belum ada penelitian yang menunjukkan hubungan itu.

Secara umum, menurut Health, HP mengeluarkan radiasi elektromagnetik dengan dosis kecil, sehingga sebetulnya masih sangat aman.

Adapun radiasi elektromagnetik yang dipancarkan dari sinar-X dan gelombang mikro, yang dapat menyebabkan pertumbuhan tumor pada paparan dalam jumlah tinggi.

Mengutip Express, Cancer Research UK juga mengatakan bahwa potensi kanker karena tidur dekat dengan HP cenderung tidak terjadi. Namun, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mendalami hal ini.

Jika selama ini Anda biasa tertidur saat sedang menggunakan ponsel atau handphone (HP), ketahuilah bahwa ada beberapa alasan kenapa kita tidak boleh tidur dekat HP.PEXELS/MIRIAM ALONSO Jika selama ini Anda biasa tertidur saat sedang menggunakan ponsel atau handphone (HP), ketahuilah bahwa ada beberapa alasan kenapa kita tidak boleh tidur dekat HP.

Baca juga: 3 Alasan Kenapa Kita Tidak Boleh Tidur Dekat HP

Terutama karena HP termasuk bagian dari teknologi baru yang risetnya masih terus dilakukan dari waktu ke waktu.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terus melakukan penilaian risiko formal, sementara Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) mengatakan bobot bukti ilmiah yang ada tidak menunjukkan adanya hubungan antara tidur dekat HP dengan potensi kesehatan yang merugikan.

Meski begitu, jika masih khawatir dengan potensi tumor otak ketika tidur dengan HP di sebelah kita, berhentilah mengaksesnya jelang waktu tidur dan letakkan HP di tempat yang jauh dari tempat tidur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com