Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kucing Suka Tidur di Atas Pakaian Pemiliknya, Ini Alasannya

Kompas.com - 24/10/2021, 16:20 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Alasan orang memelihara kucing, salah satunya adalah perilaku yang menggemaskan. Kucing banyak memiliki tingkah laku yang bisa dibilang unik, lucu dan manja.

Salah satu perilaku kucing yang juga sering dilakukan adalah duduk atau tidur di atas pakaian pemiliknya. Meski terdengar unik, ternyata kebiasaan kucing peliharaan yang satu ini ada penjelasan ilmiahnya.

Dilansir Kompas.com dari Cuteness, Selasa (19/10/2021), kebiasaan kucing tidur di atas pakaian pemiliknya adalah bentuk naluri untuk bertahan hidup. Pendapat itu disampaikan oleh dokter hewan bernama Karen Primm.

Baca juga: Mengapa Kucing Tidur di Atas Pakaian Pemiliknya?

Menurutnya, ketika kucing liar hidup dalam "kelompok keluarga", mereka berbagi sumber daya dan mengomunikasikan nilai sumber daya ini kepada anggota lain dengan penandaan aroma.

Jadi, pada pakaian yang disukai kucing itu terdapat aroma atau bau dari pemiliknya sehingga kucing menganggap pakaian ini aman dan nyaman.

"Pakaian Anda mengandung aroma Anda dan itu seperti tanda yang dipasang untuk kucing Anda yang mengatakan, 'Saya telah memeriksa barang-barang ini dan mereka baik-baik saja," terang Primm.

Selain itu kucing juga suka meninggalkan aromanya sendiri pada benda-benda yang ingin mereka tandai sebagai "milik mereka". Dengan berbaring di pakaian membuat aroma mereka menempel di pakaian pemiliknya.

Kenyamanan dan wilayah kucing

Secara jelas, pakaian dari pemilik kucing mungkin saja memang lembut dan cukup nyaman. Selain itu, memposisikan diri pada pakaian Anda mungkin menempatkan kucing cukup dekat dengan Anda, yang kemungkinan akan menarik perhatian mereka.

Baca juga: Benarkah Kucing Takut dengan Timun? Ini Penjelasannya

Di sisi lain, dilansir dari Popsugar, Juru Bicara dokter hewan untuk Excited Cats, Maureen Murithi mencatat, kucing memandang pemiliknya sebagai bagian penting dari keluarga mereka.

Kucing juga menggunakan kekuatan aroma sebagai alat pembeda yang penting."Pakaian pemilik mereka sering membawa aroma mereka, yang di dunia kucing mereka gunakan untuk mengenali pemiliknya," jelas Murithi.

Ilustrasi kucing tidurUnsplash/Milada Vigerova Ilustrasi kucing tidur

Lebih lanjut Murithi menjelaskan, alasan kucing suka berbaring di pakaian pemiliknya adalah karena mereka merasa aman dan nyaman.

“Karena mereka melihat pakaian itu sebagai milik mereka atau bagian dari keluarga mereka,” imbuhnya.

Ia menambahkan, selain mencari kenyamanan emosional dan fisik, kucing menunjukkan perilaku ini karena sebenarnya mereka ingin menandai wilayahnya. Sebab pada pakaian itu terdapat aroma dari pemilik kucing, oleh karena itu kucing menandainya sebagai milik mereka.

"Kucing menggunakan feromon untuk berkomunikasi serta menandai wilayah mereka," jelas Murithi.

Baca juga: Mengapa Kucing Liar Sering Datang ke Rumah? Ini 4 Alasannya

Pendapat yang tidak jauh berbeda juga disampaikan oleh dokter hewan untuk Pets Best, Chris Roth.
Menurut Roth, kucing mungkin menemukan kenyamanan dalam berbaring di antara barang-barang pakaian pemiliknya.

“Apalagi saat kita berada di luar rumah, barang-barang seperti tumpukan pakaian kita bisa memberikan rasa aman bahkan mengurangi rasa cemas pada hewan peliharaan kita,” kata Roth.

(Sumber:Kompas.com/Aniza Pratiwi | Editor: Sakina Rakhma Diah Setiawan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com