Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persiapan Timnas Indonesia Jelang Kualifikasi Piala Asia U23: Sukses Kalahkan Tajikistan dan Nepal

Kompas.com - 24/10/2021, 15:40 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Timnas U23 Indonesia akan segera menjalani laga kontra Australia di Grup G Kualifikasi Piala Asia U23. Pertandingan akan dilangsungkan di Republican Central Stadium, Dushanbe, Tajikistan, pada 26 dan 29 Oktober 2021.

Sejatinya, selain Indonesia dan Australia, grup G juga dihuni Brunei Darussalam dan China. Namun kedua negara tersebut mengundurkan diri sehingga tinggal menyisakan Indonesia dan Australia.

Karena itu Pertandingan kontra Australia akan menjadi penentu apakah Indonesia bisa melenggang ke putaran final Piala Asia U23 2022 yang rencananya akan dihelat di Uzbekistan.

Baca juga: Jadwal Timnas U23 Indonesia Vs Australia, 2 Laga Penentu Menuju Piala Asia

Sebelum menjalani laga penting dengan Australia, tim asuhan Shin Tae-yong ini telah melakoni dua pertandingan uji coba terlebih dahulu sebagai bentuk persiapan.

Dua laga yang telah dijalani tim Garuda Muda adalah pertandingan melawan Tajikistan dan Nepal. Dua pertandingan tersebut sama-sama dilakukan di Tajikistan.

Raih dua kemenangan

Pada pertandingan uji coba melawan Tajikistan, Selasa (19/10/2021), Garuda Muda berhasil menang dengan skor 2-1.

Di laga itu, timnas Indonesia tertinggal lebih dahulu dari Tajikistan. Gol Tajikistan dicetak pada menit ke-5 oleh Mabatshoev Shervoni. Indonesia baru membalas pada menit ke-35 lewat gol yang dicetak Hanis Saghara.

Gol kemenangan Indonesia dicetak oleh Bagus Kahfi pada menit ke-63. Pemain Jong FC Utrecht itu berhasil mencetak gol usai menerima umpan dari Witan Sulaeman.

Dalam laga tersebut timnas U23 menurunkan 11 pemain pertama sebagai berikut:

Ernando Ari; Asnawi Mangkualam (c), Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan, Mohammad Kanu, Gunansar Mandowen, Ramai Rumakiek, Witan Sulaeman, Bagus Kahfi, Hanis Saghara

Baca juga: Akhir Cerita Elkan Baggott dengan Timnas Indonesia

Tiga hari berselang, timnas Indonesia melakoni pertandingan uji coba kedua melawan Nepal. Bertanding melawan Nepal di Hisor Central Stadium, timnas Indonesia berhasil unggul dengan skor 2-0.

Dua gol masing-masing dicetak oleh Hanis Saghara (55’) dan Witan Sulaeman (90+3). Di laga ini Shin Tae-yong menurunkan susunan pemain yang berbeda dengan tujuan memberi kesempatan pemain-pemain yang belum turun bermain di pertandingan sebelumnya.

Pelatih timnas U23 Indonesia Shin Tae-yong memberikan arahan kepada pemain pada laga uji coba melawan Tajikistan U23 di Republican Central Stadium Dushanbe, Selasa (19/10/2021) malam WIB.DOK. PSSI Pelatih timnas U23 Indonesia Shin Tae-yong memberikan arahan kepada pemain pada laga uji coba melawan Tajikistan U23 di Republican Central Stadium Dushanbe, Selasa (19/10/2021) malam WIB.

Pelatih asal Korea Selatan itu mengatakan, meski meraih dua kemenangan dalam dua pertandingan uji coba, masih ada kekurangan di tubuh tim yang perlu diperbaiki.

“Pada dua laga uji coba ini, kami telah mengetahui perkembangan pemain dalam memainkan pola permainan sesuai keinginan kami," kata Shin Tae-yong, Jumat dikutip dari laman resmi PSSI (22/10/2021).

“Banyak evaluasi dan kami akan perbaiki saat latihan nanti. Melawan Australia jelas harus lebih kerja keras dan fokus," sambungnya.

Baca juga: Update Ranking FIFA - Timnas Indonesia Naik 10 Peringkat

Jadwal pertandingan Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U23

  • Selasa (26/10/2021) - Republican Central Stadium 19.00 WIB - Indonesia vs Australia
  • Jumat (29/10/2021) - Republican Central Stadium 19.00 WIB - Australia vs Indonesia

(Sumber:Kompas.com/Benediktus Agya Pradipta | Editor : Ferril Dennys)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com