Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/10/2021, 11:49 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Cuteness

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing memiliki banyak perilaku lucu. Yang utama di antara mereka adalah kebiasaan duduk di atas pakaian pemilik mereka. Ada apa dengan pakaian kita yang tak tertahankan bagi kucing?

Melansir dari Cuteness, Selasa (19/10/2021), dokter hewan Karen Primm percaya bahwa perilaku ini kembali ke naluri untuk bertahan hidup.

Menurut dia, ketika kucing liar hidup dalam "kelompok keluarga", mereka berbagi sumber daya dan mengomunikasikan nilai sumber daya ini kepada anggota lain dengan penandaan aroma. 

Baca juga: Kucing Oranye Pasti Berjenis Kelamin Jantan, Apa Benar?

Karena Anda memiliki (secara tidak sengaja) aroma menandai pakaian Anda, kucing Anda mungkin menganggap pakaian ini aman atau nyaman.

"Pakaian Anda mengandung aroma Anda dan itu seperti tanda yang dipasang untuk kucing Anda yang mengatakan, 'Saya telah memeriksa barang-barang ini dan mereka baik-baik saja," terang Primm. 

Kucing juga suka meninggalkan aromanya sendiri pada benda-benda yang ingin mereka tandai sebagai "milik mereka", dan berbaring di pakaian Anda membuat aroma mereka menempel di pakaian pemiliknya, selain menenangkannya.

Kenyamanan dan wilayah kucing

Pada tingkat yang lebih jelas, pakaian Anda juga mungkin lembut dan cukup nyaman. Selain itu, memposisikan diri pada pakaian Anda mungkin menempatkan kucing cukup dekat dengan Anda, yang kemungkinan akan menarik perhatian mereka. 

Baca juga: 7 Penyebab Kucing Mogok Makan dan Cara Mengatasinya

Sementara itu, melansir dari Popsugar, Maureen Murithi, juru bicara dokter hewan untuk Excited Cats, mencatat bahwa kucing memandang pemiliknya sebagai bagian dari keluarga mereka dan menggunakan kekuatan aroma sebagai alat pembeda yang penting.

"Pakaian pemilik mereka sering membawa aroma mereka, yang di dunia kucing mereka gunakan untuk mengenali pemiliknya," jelas Murithi.

"Oleh karena itu, mereka lebih suka berbaring di pakaian pemiliknya karena mereka merasa aman dan nyaman, karena mereka melihat pakaian itu sebagai milik mereka atau bagian dari keluarga mereka."

Chris Roth, seorang dokter hewan untuk Pets Best, mengungkapkan, kucing mungkin menemukan kenyamanan dalam berbaring di antara barang-barang pakaian pemiliknya.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com