Manfaat Tidur Siang bagi Kesehatan, Bisa Bantu Redakan Stres

Kompas.com - 12/10/2021, 13:03 WIB
Tidur siang membuat badan segar Tidur siang membuat badan segar

KOMPAS.com - Tidak hanya sekedar untuk beristirahat, tidur siang ternyata juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Menurut Psikolog sekaligus spesialis gangguan tidur, Michelle Drerup, manfaat tidur siang yakni dapat membantu kita menjadi lebih rileks, energik, dan fokus.

Tidur siang dapat membantu kita merasa sedikit lebih energik, fokus, dan rileks," kata Michelle Drerup, dikutip dari berita Kompas.com (17/9/2021).

Baca juga: Tidur Siang Ternyata Punya Banyak Manfaat bagi Tubuh Kita, Apa Saja?

Namun itu tidak serta merta membuat semua tidur siang bisa bermanfaat bagi tubuh. Tidur siang dalam jangka waktu terlalu lama malah bisa menimbulkan gangguan tidur di malam hari.

Karena itu, gunakan waktu tidur siang secara tepat agar manfaat yang didapatkan terasa optimal.

Manfaat tidur siang

Dilansir dari laman Cleveland Clinic, berikut ini adalah manfaat tidur siang bagi kesehatan tubuh:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Meredakan stres

Manfaat tidur siang yang pertama adalah dapat meredakan stres. Tak hanya itu, tidur siang bahkan dapat mengubah suasana hati menjadi lebih baik.

Sebut studi menunjukkan bahwa setelah tidur siang, orang menjadi kurang impulsif dan dapat mengatasi frustrasi dengan lebih baik.

  • Meningkatkan kinerja

Manfaat tidur siang yang selanjutnya adalah dapat meningkatkan kinerja. Contohnya pada saat kita tidur setelah larut malam, tidur siang sejenak dapat menghilangkan rasa kantuk.

Namun ini bukan berarti untuk mendapatkan manfaat tidur siang yang optimal kita harus tidur malam di waktu yang larut. Beberapa penelitian menemukan bahwa tidur siang dapat meningkatkan kewaspadaan, mempercepat waktu reaksi, dan meningkatkan kemampuan penalaran yang logis.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.