Penjelasan Kemendikbud soal E-Sports Akan Masuk Kurikulum Sekolah

Kompas.com - 27/11/2021, 09:20 WIB
First Raiders saat menempati posisi runner-up di ajang Free Fire Indonesia Masters (FFIM) 2021 Spring 2021. First MediaFirst Raiders saat menempati posisi runner-up di ajang Free Fire Indonesia Masters (FFIM) 2021 Spring 2021.

KOMPAS.com - E-sports atau olahraga elektronik tengah ramai disebut akan masuk kurikulum sekolah di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Anindito Aditomo merespons kabar tersebut.

Dilansir dari Kompas.com, Jumat (26/11/2021), Anindito menuturkan, klaim e-sports bakal masuk kurikulum sekolah bukan datang dari Kemendikbud Ristek.

Baca juga: E-sports Disebut Akan Masuk Kurikulum Sekolah, Ini Kata Kemendikbud

 

Ia menambahkan, saat ini pihaknya memang tengah membangun kurikulum baru yang lebih fleksibel dan sesuai kebutuhan siswa.

“Ini yang disebut Mas Menteri kemarin di acara perayaan Hari Guru Nasional sebagai kurikulum yang lebih fleksibel dan bisa disesuaikan dengan konteks dan kebutuhan siswa," kata Anindito melalui akun Twitter-nya @ninoaditomo, Jumat (26/11/2021).

Anindito telah memberikan izin kepada Kompas.com untuk mengutip unggahannya tersebut.

Menurutnya, untuk menghasilkan kurikulum yang fleksibel, Kemendikbud Ristek mengikuti prinsip desain less is more. Artinya, kerangka kurikulum Kemendikbud Ristek mengacu hal-hal yang esensial.

"Tujuannya adalah memberi ruang yang besar bagi sekolah untuk merancang kurikulumnya sendiri," jelas dia.

Lebih lanjut Anindito menjelaskan, yang terpenting dari hal esensial itu adalah "Profil Pelajar Pancasila", yaitu sekumpulan karakter dan kecakapan yang menjadi tujuan pembelajaran semua mata pelajaran serta kegiatan ko-kurikuler.

Baca juga: PBESI Ingin E-sports Jadi Mata Pelajaran Sekolah

Salah satu kecakapan tersebut adalah nalar kritis yang mencakup kemampuan mencari, menganalisis, serta mengevaluasi informasi dan gagasan.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.