Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musim Hujan, 6 Penyebab Nyamuk Bersarang di Rumah

Kompas.com - 13/11/2021, 09:15 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis

KOMPAS.com - Serangga penghisap darah, nyamuk seringkali hadir di rumah meski tidak diinginkan penghuni rumah mana pun, terlebih saat musim penghujan datang.

Selain mengganggu aktivitas di rumah, nyamun berbahaya karena dapat membawa berbagai penyakit bagi orang yang berada di dalam rumah tersebut.

Ada beberapa penyebab yang bisa membuat nyamuk masuk dan banyak berada di dalam rumah.

Berikut ini untuk Anda dapat menghindari beberapa hal yang menjadi penyebab nyamuk bersarang di rumah, terutama selama musim hujan saat ini:

Cuaca

Suhu yang terus meningkat mengakibatkan nyamuk semakin suka kawin dan bertelur terus-menerus.

Tumpukan barang

Baca juga: Waspada, Ini Penyebab Banyak Nyamuk di Rumah

Banyak pakaian yang digantung, barang-barang yang berantakan, kurang pencahayaan dan kotor menjadi kondisi yang nyaman bagi nyamuk untuk tinggal dan berkembang biak.

Oleh karena itu, bersihkan dan rapikan barang-barang di rumahmu secara rutin, agar tidak ada tempat bagi nyamuk untuk tinggal serta berkembang biak.

Tanaman liar di kebun atau halaman rumah

Apabila rumahmu memiliki kebun atau halaman yang ditumbuhi tanaman liar, itu juga bisa menjadi tempat yang nyaman bagi nyamuk untuk tinggal dan berkembang biak.

Nyamuk gemar bersembunyi di daun-daun tanaman, terutama yang berbentuk lebar, tipis, maupun memanjang, serta di lubang-lubang pohon.

Hal tersebut mereka lakukan sebagai upaya atau naluri bertahan hidup dari kejaran hewan-hewan pemangsa.

Jadi, kamu harus selalu mengecek dan membersihkan tanaman liar yang ada di kebun atau halaman rumahmu agar tidak menjadi tempat bagi nyamuk bersarang.

Banyak genangan air

Genangan air merupakan kondisi yang dapat mengundang nyamuk datang, karena merupakan salah satu tempat berkembang biak nyamuk.

Genangan air yang sedikit sekalipun sudah cukup bagi nyamuk untuk berkembang biak. Jadi, pastikan untuk tidak membiarkan genangan air ada di sekitaran rumahmu.

Banyak lubang terbuka di rumah

Banyaknya lubang di rumah, seperti ventilasi, jendela, pintu, dan sebagainya bisa dimanfaatkan nyamuk untuk masuk secara bebas ke dalam rumah.

Untuk lubang-lubang yang terbuka, sebaiknya perlu diberi kawat nyamuk untuk mencegah nyamuk masuk.

Tumpukan sampah

Baca juga: Percayalah, Cara Ini Efektif Basmi Nyamuk di Rumah Saat Musim Hujan

Selain menghasilkan bau tak sedap, tumpukan sampah juga bis mengundang nyamuk datang dan berkembang biak tanpa disadari.

Pastikan untuk rutin membuang sampah keluar rumah dan jangan biarkan menumpuk di dalam rumah.

(Sumber: Kompas.com Penulis Abdul Haris Maulana | Editor Sakina Rakhma Diah Setiawan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com