Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Tumbuh Uban di Usia Muda dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 07/11/2021, 20:40 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Uban pada rambut identik dengan orang yang sudah berusia lanjut. Hal itu tidak salah, karena salah satu tanda penuaan adalah munculnya uban pada rambut.

Namun, ada sebagian orang yang memiliki rambut beruban meski di usia yang terbilang masih muda, yakni 20-an tahun atau bahkan kurang dari itu.

Banyak yang kemudian bertanya-tanya, mengapa di usia yang relatif masih muda, uban bisa muncul.

Nah, jika Anda termasuk orang yang memiliki rambut beruban di usia yang relatif masih muda tidak perlu terlalu panik.

Baca juga: Masih Muda Sudah Ubanan, Kok Bisa?

Penyebab muncul uban di usia muda

Melansir Kompas.com (31/5/2021), ada sejumlah penyebab uban di usia muda. Di antaranya sebagai berikut:

  • Faktor genetik

Trichologist dari BosleyMD, Gretchen Friese menyebutkan, salah satu penyebab rambut tumbuh uban di usia muda adalah faktor genetik.

"Faktor genetik juga punya peran yang besar terhadap kapan dan bagaimana seseorang mulai memiliki uban," kata Gretchen Friese.

Biasanya, tambah Friese, jika salah satu atau kedua orang tua memiliki riwayat beruban sejak dini, ada kemungkinan anaknya akan mengalami hal yang sama.

Lebih jauh ia menjelaskan bahwa folikel rambut memiliki sel pigmen yang memproduksi melanin. Melanin adalah kimia yang memberi warna pada rambut kita.

Seiring bertambahnya usia, sel-sel tersebut mulai mati. Ketika sel pigmen berkurang, batang-batang rambut akan tumbuh lebih tipis dan berubah warna menjadi putih keabu-abuan.

Ia menambahkan, pada umumnya orang-orang yang beruban karena menua mengalami pertumbuhan uban di satu area yang terkonsentrasi. Hal ini berbeda dengan uban yang tumbuh di usia muda.

Baca juga: 5 Makanan yang Membantu Mencegah Pertumbuhan Uban

  • Pengaruh lingkungan

Sementara itu, dermatolog Dr Nidhi Singh Tandon menjelaskan, penyebab tumbuh uban di usia muda (premature graying) belum diketahui secara pasti.

Di antaranya kemungkinan yang menjadi penyebabnya adalah interaksi antara faktor genetik dan lingkungan.

Tandon menjelaskan, spesies oksigen reaktif ditemukan menjadi penyebab umum rambut beruban terlalu dini. Saat rambut Anda dalam fase anagen atau tumbuh aktif, pada saat itulah melanogenesis terjadi.

"Ini berarti melanin dibentuk oleh melanosit atau sel penghasil pigmen. Ini menghasilkan pembentukan melanin atau pigmen hitam yang memberi warna pada rambut Anda," jelas Tandon seperti dilansir NDTV.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com