Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Pelayan Restoran di AS Digaji Rp 143 setelah Enam Pekan Bekerja

Kompas.com - 07/11/2021, 21:28 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Seorang pelayan restoran di Amerika Serikat (AS) mengaku hanya digaji 1 sen dollar AS (Rp 143) selama enam pekan bekerja.

Pelayan bernama Liny tersebut membagikan pengalamannya tersebut melalui aplikasi berbagi video, TikTok.

Dilansir Kompas.com dari New York Post, Jumat (5/11/2021), Liny yang berusia 25 tahun itu bekerja di sebuah restoran di Nashville, Tennessee.

Ketentuan upah minimum menurut aturan pemerintah federal AS di seluruh negara adalah 2,13 dollar AS (Rp 30.000) per jam.

Baca juga: 6 Pekan Bekerja, Pelayan Restoran Ini Digaji Rp 143

 

Sementara di negara bagian Tennessee, upah yang diterima oleh pekerja sudah termasuk potongan pajak federal, jaminan sosial, dan layanan kesehatan.

Kendati mengaku hanya digaji sebesar 1 sen dollar AS, Liny tidak mengungkapkan secara jelas total berapa jam ia bekerja selama enam pekan di restoran tersebut. Dia juga tidak juga tidak mengungkapkan berapa banyak tip yang dia kumpulkan selama bekerja di sana.

Di sisi lain, lewat video yang ia unggah di TikTok, Liny memberi keterangan tambahan agar para konsumen mau memberikan tip kepada para pelayan restoran.

Sayangnya, tidak semua orang setuju dengan permintaan Liny tersebut. Beberapa orang mengkritik video Liny dengan mengatakan bahwa memberi tip bukanlah kewajiban konsumen.

Baca juga: Ratu Elizabeth II Miliki Para Pelayan Setia yang Membantunya untuk Pulih dari Sakit

“Salahkan bisnis tempatmu bekerja, bukan konsumennya. Di negara lain, mereka tidak perlu memberi tip karena mereka memberi upah yang layak,” tulis seorang netizen.

Seorang netizen lain bahkan menyebutkan bahwa pendapatan pelayan restoran dari tip justru jauh lebih besar.

“Saya dengan mudah menghasilkan 4.400 dollar AS (Rp 63 juta) dalam sebulan sebagai pelayan restoran. Jangan biarkan cek kosong itu menipumu,” tulis netizen lain.

Meski mendapatkan kritik, Liny juga tetap mendapat dukungan dari beberapa netizen lain. Mereka berkomentar terhadap kritikan yang dilontarkan kepada Liny, ”Jika kamu tidak bisa memberi tip, pergi saja ke McDonalds atau masak di rumah,” kata seorang netizen.

(Sumber:Kompas.com/Danur Lambang Pristiandaru | Editor: Danur Lambang Pristiandaru)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com