Viral Video "Kretek Abal-abal", Amankah untuk Kesehatan Tulang Belakang?

Kompas.com - 07/11/2021, 07:04 WIB

KOMPAS.com - Beberapa waktu terakhir, tengah populer di YouTuber proses terapi chiropractic yang memperlihatkan istilah "kretek abal-abal".

Video tersebut ternyata banyak ditonton hingga jutaan penonton. Warganet Indonesia menjuluki praktik terapi "kretek abal-abal" ini karena suara yang dihasilkan saat terapi dilakukan.

Video "kretek abal-abal" ini salah satunya populer di kanal YouTube channel Beemz Aryo ialah presenter Bima Aryo dengan 1,12 juta subscriber.

Dalam unggahan beberapa video, Bima memperlihatkan kemampuannya melakukan terapi dengan muncul "kretek abal-abal" ke beberapa artis, antara lain Verrel Bramasta, Nikita Mirzani, Ayu Ting Ting, hingga Atta Halilintar.

Video-video tersebut banyak disaksikan oleh warganet, misalnya video "kretek abal-abal" Nikita Mirzani yang hingga Sabtu (6/11/2021) telah mendapat 3,7 juta views.

Apa itu "kretek abal-abal"

Diberitakan Kompas.com, 1 Oktober 2021, Bima Aryo memberikan klarifikasi terkait kepopuleran video "kretek abal-abal" di kanal YouTube miliknya.

Baca juga: Soal Kepopuleran Video Kretek Abal-abal, Ini Kata Dokter Ortopedi

"Aku harus luruskan, aku adalah 'kretek abal-abal'. Chiropractic itu lebih ke istilah kedokterannya, artinya metode untuk memanipulasi tulang. Cuma itu lebih digunakan di kedokteran," kata Bima Aryo.

Ia mengaku mempelajari chiropractic secara otodidak, setelah merasakan langsung manfaat dari terapi tersebut.

Bima mengatakan, ia pernah mengalami kelumpuhan dari leher hingga kaki akibat kecelakaan. Salah satu tindakan pemulihannya adalah chiropractic.

Karena penasaran dan merasakan manfaat yang signifikan, Bima pun mempelajarinya. Beberapa tahun kemudian, Bima membuat kanal YouTube Beemz Aryo dan konten "Kretek Abal-abal".

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.