Kompas.com - 06/11/2021, 20:51 WIB

KOMPAS.com - Video yang memperlihatkan proses terapi chiropractic belakangan ini tengah populer di YouTube dan digandrungi oleh jutaan penonton.

Warganet Indonesia menjuluki praktik terapi ini dengan istilah "kretek abal-abal", merujuk pada suara yang dihasilkan saat terapis melakukan terapi pada pasien.

Salah satu kanal YouTube yang populer karena mengunggah video "kretek abal-abal" adalah channel Beemz Aryo milik presenter Bima Aryo yang saat ini memiliki 1,12 juta subscriber.

Dalam beberapa video yang ia unggah, Bima memperlihatkan kemampuannya melakukan "kretek abal-abal" ke sejumlah artis, seperti Verrel Bramasta, Nikita Mirzani, Ayu Ting Ting, hingga Atta Halilintar.

Video-video tersebut banyak disaksikan oleh warganet, misalnya video "kretek abal-abal" Nikita Mirzani yang hingga Sabtu (6/11/2021) telah mendapat 3,7 juta views.

Baca juga: Viral, Video Uang 1.0 Disebut sebagai Uang Kertas Rp 1 Juta, Ini Penjelasan BI dan Peruri

Klarifikasi kretek abal-abal

Diberitakan Kompas.com, 1 Oktober 2021, Bima Aryo memberikan klarifikasi terkait kepopuleran video "kretek abal-abal" di kanal YouTube miliknya.

"Aku harus luruskan, aku adalah 'kretek abal-abal'. Chiropractic itu lebih ke istilah kedokterannya, artinya metode untuk memanipulasi tulang. Cuma itu lebih digunakan di kedokteran," kata Bima Aryo.

Ia mengaku mempelajari chiropractic secara otodidak, setelah merasakan langsung manfaat dari terapi tersebut. 

Baca juga: Viral, Video Truk Bawa Puluhan Motor Hangus Terbakar di Tol Nganjuk, Bagaimana Awalnya?

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.