Kata BKN soal Permintaan Seleksi Ulang CPNS 2021 secara Menyeluruh

Kompas.com - 07/11/2021, 06:20 WIB

KOMPAS.com - Sejumlah kecurangan ditemukan dalam proses rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021.

Sebut saja ada 202 peserta seleksi kompetensi dasar (SKD) calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang terindikasi melakukan kecurangan di Makassar.

Kemudian terdapat 59 peserta tes CPNS di Sulawesi Barat yang didiskualifikasi karena terindikasi melakukan kecurangan.

Adanya temuan ini membuat Wakil Ketua Komisi II DPR Junimart Girsang meminta pemerintah untuk menggelar seleksi ulang CPNS 2021 secara menyeluruh.

“Jadi biar clear kita mendesak agar seleksi CPNS 2021 itu diulang saja, secara menyeluruh seleksinya. Terlepas ada atau tidaknya anggaran. Ini konsekuensi," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (4/11/2021).

Baca juga: Anggota DPR Minta Seleksi Ulang CPNS secara Menyeluruh, Ini Kata BKN

Junimart juga mengomentari tindakan diskualifikasi yang dilakukan oleh pemerintah kepada peserta tes CPNS 2021 yang terbukti melakukan kecurangan.

Menurutnya, bisa saja ada peserta yang melakukan kecurangan namun tetap lolos tes CPNS lantaran tidak ketahuan.

“Bukan diskualifikasi, ini kan ketahuan, bagaimana dengan yang lolos tidak ketahuan. Supaya lebih fair ya tidak ada pilihan, seleksinya yang perlu diulang. Kami khawatir ada peserta curang yang lolos dalam seleksi CPNS 2021,” terang politisi PDI-Perjuangan tersebut.

Tanggapan BKN

Menanggapi permintaan Junimart tersebut, Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama BKN Satya Pratama kecurangan dalam proses seleksi CPNS hanya terjadi di sebagian kecil titik lokasi (tilok) ujian.

Hanya saja, pihaknya tak menjawab saat ditanya apakah proses seleksi CPNS 2021 perlu diulang atau tidak.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.