5 Obat Herbal yang Ampuh untuk Diabetes

Kompas.com - 02/10/2021, 07:15 WIB

KOMPAS.com - Diabetes adalah penyakit yang terjadi karena kadar gula darah dalam tubuh terlalu tinggi. Kondisi tersebut terjadi lantaran tubuh tidak memproduksi insulin yang cukup atau menjadi tidak sensitif terhadap insulin yang diproduksi tubuh.

Ada beragam faktor yang menjadi penyebab diabetes. Mulai dari gen dan riwayat keluarga, gaya hidup tidak sehat seperti kurangnya olahraga dan pola makan yang sembarangan, hingga faktor usia.

Bahaya dari diabetes yakni bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Contohnya seperti gangguan penglihatan, luka pada tubuh menjadi sulit sembuh dan rentan infeksi, dan komplikasi lainnya.

Baca juga: Obat Herbal Diabetes yang Paling Ampuh

Tanpa perawatan yang baik, diabetes dapat menyebabkan penumpukan gula darah. Hal itulah yang nantinya bisa berpotensi meningkatkan risiko komplikasi seperti stroke dan penyakit jantung.

Obat herbal diabetes

Selain perawatan medis, ada juga obat herbal yang dapat digunakan untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Dikutip dari berita Kompas.com yang melansir The Canadian Encyclopedia of Natural Medicine (26/9/2021), berikut ini adalah obat herbal diabetes:

  • Kayu manis

Obat herbal diabetes yang pertama adalah kayu manis. Bahan yang biasa digunakan untuk penyedap masakan ini ternyata memiliki komponen yang mampu bekerja sama dengan insulin untuk menurunkan gula darah.

Sebuah studi menemukan bahwa mengonsumsi setengah sendok teh bubuk kayu manis bisa menurunkan gula darah.

Cara mengonsumsi kayu manis juga cukup mudah, yakni tambahkan bubuk kayu manis ke dalam makanan atau jus dan susu.

  • Bawang bombai dan bawang putih

Selanjutnya ada bawang bombai dan bawang putih. Kedua bumbu dapur ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Salah satunya sebagai penurun kadar gula darah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.