Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral, Twit Pesawat Scoot Berputar-putar di Atas Kota Manado, Ada Apa?

Kompas.com - 28/01/2023, 18:28 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pesawat Scoot dengan nomor penerbangan TR216 dari Singapura dilaporkan mengalami kesulitan mendarat di Bandara Internasional Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara pada Jumat (27/1/2023).

Kabar pesawat Scoot mengalami kesulitan mendarat di Bandara Sam Ratulangi bermula dari twit di akun Twitter @txtdarietmintxt pada hari yang sama.

"Pesawat Scoot Singapore-Manado masih berputar-putar mencoba untuk landing di SamRatulangi karena banjir yang parah di Manado," tulis pengunggah.

Pesawat Airbus A320-232 tersebut terlihat berputar-putar di atas kota Manado hingga ke Tanjung Pulisan menurut pelacakan Flight Radar 24.

Dalam unggahannya, ia juga menyertakan tanda pagar (tagar) #PrayforManado.

Baca juga: Video Viral Pesawat Berputar-putar di Halim Perdanakusuma, Apa Penyebabnya?

Baca juga: Penjelasan Lion Air soal Pesawat JT-797 Tabrak Garbarata Bandara Mopah Merauke

Lantas, apa yang sebenarnya terjadi di Bandara Sam Ratulangi sehingga pesawat Scoot rute Singapura-Manado berputar-putar di atas Kota Manado?

Jarak pandang terbatas

Saat dikonfirmasi, Manager Humas Bandara Sam Ratulangi Yanti Ignesia Riestiyanti Pramono mengatakan, pesawat Scoot rute Singapura-Manado tersebut sudah mendarat dengan selamat.

Yanti menjelaskan, pesawat Scoot tersebut memang sempat kesulitan landing.

Pasalnya selain cuaca yang kurang bersahabat di Manado belakangan ini, visibility atau jarak pandang sebelum melakukan pendaratan juga di bawah 2.000 meter.

"Pesawat Scoot kemarin sudah mendarat rute Singapura-Manado. (Cuaca) sekarang sudah cerah juga," kata Yanti ketika dihubungi Kompas.com, Sabtu (28/1/2023).

"Hanya services road apron aja tergenang semata kaki itu pun hanya sebentar," tambahnya.

Baca juga: Apa Bahan Bakar Pesawat?

Ia menegaskan, tidak ada masalah ketika pesawat Scoot mendarat kendati hujan sedang turun dan landasan juga dalam kondisi clear.

Ketika jarak pandang sudah di atas 2.300 meter dan sudah ada clearence dari tower AirNav maka pendaratan segera dilakukan.

"Bandara gak banjir, hanya tergenang sebatas kaki saja," tutur Yanti.

Baca juga: Saat Banjir dan Longsor Terjang Kota Manado, 1 Orang Meninggal

Kondisi bandara Sam Ratulangi

Situasi di Bandara Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara usai beredar kabar pesawat Scoot dari Sinagpura kesulitan mendarat pada Jumat (27/1/2023).dokumentasi Bandara Sam Ratulangi Situasi di Bandara Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara usai beredar kabar pesawat Scoot dari Sinagpura kesulitan mendarat pada Jumat (27/1/2023).

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com