Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Gugusan Pulau Pasir NTT yang Diklaim oleh Australia

Kompas.com - 24/10/2022, 16:05 WIB
Alinda Hardiantoro,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Masyarakat adat di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) akan menggugat Pemerintah Australia setelah negara itu mengklaim Pulau Pasir, NTT atau Ashmore Reef.

"Kami masyarakat adat yang bermukim di Laut Timor dan Gugusan Pulau Pasir akan segera membawa kasus Gugusan Pulau Pasir ini ke Pengadilan Australia di Canberra," ujar Pemegang Mandat Hak Ulayat Masyarakat Adat Laut Timor, Ferdi Tanoni dilansir dari Kompas.com (22/10/2022).

Menurut Ferdi, langkah tersebut diambil lantaran tindakan Pemerintah Australia yang mengklaim sepihak gugusan Pulau Pasir.

Padahal, Ferdi mengatakan bahwa gugusan Pulau Pasir itu masuk wilayah NTT.

Lantas, seperti apa gugusan Pulau Pasir di NTT itu?

Baca juga: Australia Klaim Pulau Pasir, Masyarakat Adat NTT Bakal Gugat ke Pengadilan Canberra

Mengenal gugusan Pulau Pasir NTT

Dalam penelitian karya Noor Fatia Lastika Sari dan Susanto Zuhdi, disebutkan bahwa gugusan Pulau pasir atau Ashmore Reef terletak di antara Laut Timor dengan perairan utara Australia.

Lokasi itu tepatnya berada di sekitar 120 kilometer dari Pulau Rote NTT, 840 kilometer dari Darwin, Australia Utara, dan 610 kilometer dari Broome, Australia Barat.

Sejarah Ashmore Reef

Berdasarkan sejarah sebelum zaman kolonial, gugusan Pulau Pasir ini sebenarnya merupakan bagian integral dari bangsa Indonesia.

Gugusan pulau ini sudah lama dikenal oleh masyarakat nelayan tradisional Indonesia, khususnya nelayan tradisional Rote.

Penamaan gugusan ini dengan sebutan Pulau Pasir didukung oleh beberapa fakta historis yang menyebutkan bahwa gugusan tersebut telah lama menjadi tujuan pelayaran para nelayan tradisional secara turun-temurun.

Banyak nelayan tradisional Indonesia yang beroperasi di sekitar gugusan Pulau Pasir sampai ke daratan Broome, Australia, untuk mencari ikan.

Diberitakan oleh Antaranews, sejumlah makam para leluhur Rote dan bermacam artefak lainnya juga ditemukan di gugusan Pulau Pasir ini.

Bahkan pulau ini dijadikan sebagai lokasi peristirahatan nelayan setelah semalam suntuk menangkap tripang dan ikan di kawasan perairan Pulau Pasir.

Baca juga: Bahayakan Perairan NTT, Pemerintah Australia Diminta Hentikan Pengeboran Minyak di Gugusan Pulau Pasir

Potensi sumber daya alam

Pulau Pasir beserta kawasan di sekitarnya diperkirakan memiliki kandungan minyak dan gas bumi cukup besar. Sehingga terdapat eksplorasi migas di lokasi tersebut.

Oleh sebab itu Yayasan Peduli Timor Barat (YPTB) bersama dengan Pusat Penelitian Jubilee Australia pada September 2022 mendesak pemerintah Australia untuk segera menghentikan pengeboran minyak dan gas di perairan gugusan Pulau Pasir.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com