Kompas.com - 06/10/2022, 13:05 WIB

KOMPAS.com - Informasi nilai gizi adalah label pada kemasan makanan atau minuman yang mencantumkan informasi terkait kandungan gizi produk tersebut.

Label informasi nilai gizi tersebut dapat menjadi bahan pertimbangan konsumen sebelum membeli suatu barang.

Keterangan pada label informasi nilai gizi sangat bermanfaat bagi seseorang yang sedang membatasi asupan kalori atau memiliki kondisi medis tertentu.

Namun, mengingat banyaknya informasi yang tertera pada label informasi nilai gizi, tidak heran bila masih ada masyarakat yang kesulitan membacanya.

Baca juga: Ramai Resep Minuman Penambah Berat Badan di TikTok, Ini Kata Ahli Gizi


Lantas, seperti apa cara membaca informasi nilai gizi?

Cara membaca informasi nilai gizi

Tangkapan layar unggahan akun Instagram Kementerian Kesehatan (Kemenkes) soal cara membaca informasi nilai gizi.INSTAGRAM.com/@kemenkes_ri Tangkapan layar unggahan akun Instagram Kementerian Kesehatan (Kemenkes) soal cara membaca informasi nilai gizi.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui unggahan di akun Instagram resminya, @kemenkes_ri, membagikan informasi soal cara membaca informasi nilai gizi.

Kompas.com telah mendapatkan izin dari Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes dr. Siti Nadia Tarmizi untuk mengutip unggahan tersebut.

Kemenkes menuliskan, apabila setiap hari mengonsumsi gula lebih dari 50 gram, garam lebih dari 2.000 miligram, dan lemak total lebih dari 67 gram maka Anda bisa berisiko terkena hipertensi, stroke, diabetes hingga serangan jantung.

Untuk itu, alangkah baiknya cek label informasi nilai gizi pada kemasan makanan.

Selengkapnya terkait cara membaca informasi nilai gizi dapat dilihat di infografis samping kiri ini.

Baca juga: Kemenkes Peringatkan Kewaspadaan terhadap Penyakit Legionellosis di Indonesia, Penyakit Apakah Itu?

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.